Kapolsek Linggo Sari Baganti Jadi Irup Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional

iklan adsense

Kapolsek Linggo Sari Baganti Jadi Irup Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional

Linggo Sari Baganti, Pionir--Diketahui pada setiap tanggal 20 Mei, bangsa Indonesia merayakan hari kebangkitan nasional. Hari itu merupakan momen penting untuk memperingati semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali kemerdekaan dari penjajah.

Hari itu juga dijadikan sebagai momentum untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa.

Sejarah mencatat, pada tanggal 20 Mei 1908 yang silam, Budi Utomo, pengerak organisasi nasional pertama di Indonesia, yang di dirikan di Surakarta, bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mengangkat nasionalisme di kalangan masyarakat.

Untuk mengenang perjuangan Budi Utomo peringatan hari kebangkitan nasional itu dilakukan dengan berbagai cara di seluruh Indonesia, salah satunya melalui pacara bendera.

Seperti yang dilakukan pemerintah Kecamatan, Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, yang di selengarakan di halaman SMP N 1 Kecamatan Linggo Sari Baganti, Senin 22 Mei 2023.

Kegiatan Upacara di ikuti oleh, Kapolsek Linggo Sari  Baganti Iptu Hendra. SH, MH beserta Personil, Personil Babinsa Koramil 02 Ranah Pesisir Wilayah Linggo Sari Baganti, Kepala UPTD se Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se Kecamatan Linggo Sari Baganti, Wali Nagari Se-Kecamatan Linggo Sari Baganti, perwakilan majelis guru SD, SMP SMA se Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Perwakilan Tenaga Kesehatan se Kecamatan Linggo Sari Baganti, serta tamu dan para undangan lainnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolsek Linggo Sari Baganti Iptu Hendra. SH, MH, Komandan Upacara Personil Koramil 02 Ranah Pesisir Serda Epi sedangkan  pelaksana pengerek bendera siswa SMP N 1 Linggo Sari Baganti.

Kapolsek Linggo Sari Baganti Iptu Hendra. SH,MH dalam amanatnya membacakan teks amanat dari Menteri Menkominfo RI dengan tema "Semangat Untuk Bangkit," yang menyatakan selama 3 tahun terakhir, ditengah kekurangan, tantangan dan masalah yang dihadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19, sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai- nilai persatuan, juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Selain itu tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional, dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Diakhir amanat Menteri Kominfo RI Iptu Hendra menyampaikan,negara mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan  dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan bangsa, sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” tutupnya. (Firman Sikumbang)



iklan adsense

Post a Comment

0 Comments