Kapolres Padang Pariaman Peduli Lingkungan

iklan adsense

Kapolres Padang Pariaman Peduli Lingkungan

Padang Pariaman, Pionir—Kapolres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Bagus Ikhwan Christian, SIK, MH menyadari betul bahwa satu sampah yang dibuang sembarangan, akan menimbulkan seribu satu macam bencana. 

Dalam pandangan AKBP Bagus Ikhwan, satu sampah yang dibuang oleh masyarakat ke tempatnya, akan menyelamatkan seluruh alam semesta. Oleh karena itu ia nyinyir mengingatkan hal tersebut pada seluruh personelnya, untuk selanjutnya disosialisasikan pada masyarakat, mengingat Padang Pariaman sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatra Barat, yang banyak terdapat destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, serta budaya yang berpotensi memunculkan sampah.

Apalagi beberapa tahun terakhir, pemerintah setempat semakin serius dalam mengembangkan industri pariwisata dengan melengkapi berbagai macam fasilitas untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Padang Pariaman.

Beriringan dengan itu, seperti diketahui bahwa di balik keindahan setiap destinasi wisata, ada jejak muram bagi lingkungan sekitarnya, yakni sampah, maka AKBP Bagus Ikhwan memerintahkan para Kasat hingga Kapolsek jajaran menggerakan personelnya untuk terus mengingatkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Seperti yang dilakukan Kasat Polairud Polres Padang Pariaman, Iptu Bujang Arman, pada  Minggu 2 Juli 2023 di Pantai Tiram. Saat itu Iptu Bujang Arman bersama Aiptu Juwaldi mengedukasi para wisatawan dan masyarakat setempat yang berada di Pantai Tiram tersebut.

Kata Iptu Bujang Arman, hal itu dilakukan agar masyarakat semakin sadar untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Bapak Kapolres memerintahkan harus ada sosialisasi yang membahas tentang dampak buruk membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai dan laut. Karena sungai dan laut berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat. Jika dibiarkan banyak sampah yang berserakan nantinya masyarakat sendiri yang akan merasakan dampaknya,” ujar Iptu Bujang Arman. 

Dikatakan Bujang Arman, meski dibuang di sungai, sampah tersebut tidak akan bisa terurai atau membusuk, sehingga sampah plastik akan tetap mengapung di atas permukaan sungai atau laut, sehingga membuat sungai dan laut menjadi kotor dan kumuh.  (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments