Personel Polres Padang Pariaman Diminta Memelihara Tradisi Gotong Royong

iklan adsense

Personel Polres Padang Pariaman Diminta Memelihara Tradisi Gotong Royong

Lubuk Alung, Pionir—Seperti diketahui gotong royong adalah salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan gotong royong telah mendarah daging dan bahkan menjadi kepribadian bangsa, serta sebagai budaya yang sudah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. 

Oleh karena itu, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang hampir semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong, Kapolres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Bagus Ikhwan Christian, SIK, MH tak pernah lupa mengingatkan seluruh anggotanya agar terus memelihara dan menanamkan sifat gotong royong tersebut dalam diri masing-masing pribadi.

Seperti yang dilakukan Ps.Kapolsek Lubuk Alung Iptu Arvi Yandri bersama Aipda Ajen M, yang merupakan Bhabinkamtibmas Nagari Toboh Gadang Selatan, pada Selasa pagi 4 Juli 2023, di Nagari Toboh Gadang Selatan, Kecamatan Sintoga, Kabupaten Padang Pariaman.

Kata Iptu Arvi Yandri, pada saat gotong royong dengan kader PKK di Nagari Toboh Gadang Selatan itu, Aipda Ajen M selaku Bhabinkamtibmas tak lupa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar warga selalu waspada terhadap curas, curhat dan curanmor.

"Saat itu  Aipda Ajen M selaku Bhabinkamtibmas juga memberikan nomor telepon kepada warga, apabila ada hal-hal yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat agar menghubungi Bhabinkamtibmas,” kata Iptu Arvi Yandri. 

Iptu Arvi Yandri mengatakan, tradisi gotong royong tersebut perlu dipupuk dan dipelihara,  karena secara garis besarnya gotong royong tertuang pada pancasila dalam sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Selain itu kata Iptu Arvi Yandri, gotong royong memiliki banyak manfaat, diantaranya  menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

Manfaat lainnya, membina hubungan sosial yang baik terhadap masyarakat di sekitar, menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang, mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan, meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan dan lainnya. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments