Kapolres Pasaman Barat Gelar Kegiatan "Curhat Polwan" Dalam Rangka Hari Jadi Polwan Ke 75

iklan adsense

Kapolres Pasaman Barat Gelar Kegiatan "Curhat Polwan" Dalam Rangka Hari Jadi Polwan Ke 75

Pasaman Barat, Pionir--Sebagai upaya untuk menyerap secara langsung keluhan dari masyarakat, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, bersama Pejabat Utama (PJU) dan para Polwan Polres Pasaman Barat mengelar kegiatan "Curhat" dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan RI ke- 75, yang di laksanakan di Mesjid Raya Baitul Ilmi, Rabu 02 Agustus 2023

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kasi Humas Polres Pasaman Barat AKP Rosminarti. SH pada Pionir mengatakan, kegiatan  "Curhat" ini merupakan awal program Quick Win triwulan III tahun 2023 yang sudah dicanangkan oleh Bapak Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kepolisian.

"Kepercayaan masyarakat menjadi hal krusial yang harus terus ditingkatkan, karena pada April 2022 Polri sempat mencatat tingkat kepercayaan masyarakat tertinggi  (77,3%). Namun mengalami penurunan menjadi 76,4% pada pertengahan tahun 2023. Oleh karena itu, kepercayaan publik ini harus terus ditingkatkan, melalui Program Quick Wins Triwulan III hingga mencapai 80 %, ucapnya.

Dikatakan Rosminarti, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat itu tidak hanya melalui Peneggakan Hukum (Gakkum) saja, tetapi juga mencakup harkamtibmas yang melibatkan visi misi kemanusiaan. Salah satunya adalah melalui program curhat.

"Program Curhat ini, sebenarnya sudah lama diterapkan Polres Pasaman Barat beserta Polsek Jajaran. Bahkan kegiatan ini mendapat tempat di hati masyarakat. Karena melalui program curhatan ini masyarakat merasa diayomi dan segela permasalahan serta keluh kesah mereka tersampaikan langsung kepada Kepolisian. Sehingga melalui kegiatan curhat ini dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada kepolisian, " ujarnya.

Rosminarti mencontohkan, seperti kegiatan Curhat Polwan yang dilakukan bersama  Bundo Kanduang Kecamatan Pasaman dan kelompok Pengajian, serta BKMT Kabupaten Pasaman Barat yang di gelar di Mesjid Raya Baitul Ilmi, dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan RI ke- 75 tahun 2023 yang jatuh pada  tanggal 1 September mendatang.

Kegiatan Curhat Polwan itu di hadiri oleh Bapak Camat Kecamatan Pasaman, Bundo Kanduang Kecamatan Pasaman, tokoh masyarakat, tokoh adat dan agama Kecamatan Pasaman, kelompok Pengajian Mesjid Raya Baitul Ilmi, serta BKMT Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres memberikan sesi tanya jawab dari masyarakat guna menyampaikan keluhan serta aduan, kritik dan saran yang kemudian langsung dijawab oleh Kapolres.

"Melalui kegiatan Curhat Polwan ini, kita mendengar secara langsung curhatan dari masyarakat mengenai saran, kritikan, masukan serta aduan dari masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian khususnya mengenai kepengurusan SIM, serta tentang rekrutmen anggota Polri khususnya Polwan," ujarnya.

Kita berharap, masyarakat tetap bersinergi dengan Kepolisian dalam menghadapi setiap dinamika yang ada ditengah masyarakat.

"Segera laporkan kepada kami apabila ada gangguan kamtibmas, ataupun permasalahan lainnya yang dihadapi masyarakat, atau mendatangi langsung Kantor Kepolisian terdekat. Saya yakin dengan bersama-sama setiap permasalahan dapat kita selesaikan dengan baik," tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments