Keluarga Berperan Penting Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

iklan adsense

Keluarga Berperan Penting Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba


Pariaman, Pionir
--Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba khususnya di kalangan remaja diperlukan peranan yang kuat oleh semua pihak.

Bahkan, menurut Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar)  Bripka Firdaus, dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba itu peranan keluarga terutama orang tua lah yang sangat penting dalam memberikan edukasi serta pemahaman kepada anak.

Hal tersebut di ungkapkan Bripka Firdaus saat melakukan kegiatan Door to Door Sestym dengan warga binaanya di Dusun Pasa Gantiang Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Jumat 25 Agustus 2023.

Firdaus mengatakan, faktor lingkungan membawa dampak besar terhadap perkembangan anak. Kalau lingkungannya tidak baik, tentu mereka akan tidak baik pula. Maka dari itu, perlu dicermati pergaulan generasi muda. Hindari lingkungan yang bisa memicu menggunakan narkoba.

Maka dari itu, kata Firdaus diperlukan peran aktif orangtua agar anak-anak atau generasi muda tidak terjangkit narkoba. "Peranan orangtua harus memperhatikan semua tentang anak," ucapnya.

Dikatakan, melalui pendidikan serta edukasi dari keluarga  paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Mungkin di sekolah sudah di ajarkan kepada anak tentang bahanyanya narkoba. Namun, jika di luar sekolah peran orang tualah yang sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi serta pemahaman kepada anaknya tentang betapa bahayanya narkoba, ujarnya.

Selain itu, kata Firdaus lagi orang tua juga perlu meningkatkan pengetahuan  tentang penyuluhan narkoba, mempelajari sejak dini gejala atau tanda pengguna narkoba. Sehingga dengan pengetahuan yang cukup, orang tua dapat segera mengetahui anak telah mengenal atau mencoba nakoba.

“Oleh sebab itu, Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi narkoba karena keluarga merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang dewasa”, tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments