Peduli Lingkungan, Kapolres Pariaman Pimpin Penanaman Bibit Pohon Secara Serentak

iklan adsense

Peduli Lingkungan, Kapolres Pariaman Pimpin Penanaman Bibit Pohon Secara Serentak

Pariaman, Pionir-- Rabu 23 Agustus 2023 Pukul 08.00 Wib Kapolres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti penanaman pohon secara serentak bersama Kapolri. Kegiatan yang di laksanakan secara virtual zoom meeting ini di pimpin langsung oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dari Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) disela - sela  kegiatan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) +3 ke-17 di ikuti 34 Polda dan seluruh Polres dan Polsek di Indonesia.

Aksi penanaman pohon ini sebagai wujudnyata gerakan nasional mensyukuri kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-78 dengan tema "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini."

Polres Pariaman dibawah Komando AKBP Abdul Azis. S.IK mengambil langkah proaktif dalam menjaga lingkungan dan bumi yang lebih baik dengan turut serta dalam gerakan penanaman 1.000.00 pohon itu yang di selengarakan di Halaman Masjid Raya Desa Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.

Dalam pelaksanaan penanaman pohon itu, Polres Pariaman di pimpin langsung oleh Kapolres  AKBP Abdul Azis. S.IK di ikuti oleh Walikota Pariaman Prof. Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si, Dandim 0308 yang diwakili oleh Danramil 01 Pariaman Kapten Inf. Zamri, Kepala Kejaksaan Negri Pariaman Bagus Priyonggo, SH, MH, CLA, Ketua Pengadilan Agama Pariaman Anneka Yosihilma, SH, MH, Sekda Kota Pariaman Yota Balad, S.STP, M.Si, Wakapolres Pariaman Kompol Jon Hendri, SH, Para PJU Polres Pariaman, Kadis Perkim LH Kota Pariaman Feri Andri, ST, MT, Camat Pariaman Selatan M. Farid Marwan, S.STP, Kapolsek Kota Pariaman AKP Haryani Bahri, SH, Ketua Bhayangkari Cabang Pariaman Ny. Handri Azis, dan Kepala Desa Punggung Lading Aulia Mardi Arif, S.Kom.

Abdul Azis mengatakan, peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kita berharap dengan penanaman 1.000.00 pohon ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun pohon yang di tanam pada kegiatan itu adalah, sebanyak 75 bibit pohon Jengkol, 75 batang bibit pohon Pinang, 75 batang bibit pohon Bayur, 75 batang bibit Mahoni, 75 batang bibit pohon Ketaping, 75 batang bibit Salam, 20 Batang bibit pohon Nangka hutan, 5 batang bibit pohon Mahtoa dan 45 batang bibit pohon manga.

"Mudah-mudahan melalui program penanaman 1. 000.00 pohon ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ucapnya.

Abdul Azis mengatakan, kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.

Sementara Polsek jajaran Polres Pariaman, kegiatan penanaman 1.000.00 pohon itu juga dilakukan di wilayah hukum masing-masing yang di hadiri oleh Forkopimca daerah setempat.

Seperti Polsek Kampung Dalam di lakukan di Korong Kampung Tangah Nagari Limau Purut Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan Polsek Sungai Limau di laksanakan di Nagari Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, dihadiri oleh Forkopimca daerah setempat. Polsek Sungai Geringging, dilakukan di Korong Tanjuang Alai Timur Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.Terkahir Polsek  IV Koto Aur Malintang dilakukan di samping Mako Polsek tersebut, Jalan Gerakan Pemuda Korong Koto Panjang Nagari III Koto Amal Selatan, Kecamatan IV Koto Amal, Kabupaten Padang Pariaman.

"Masing-masing Polsek menanam 200 batang bibit pohon," ujarnya.

Lanjut Abd Azis mengatakan, Program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini ini adalah gagasan  Bapak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, serta merupakan rangkaian dari kegiatan AMMTC ke-17 tahun 2023, di Labuan Bajo.

"Gagasan Bapak Kapolri ini membawa dampak positif untuk mengurangi polusi udara yang saat ini sudah di atas ambang sehat, selanjutnya manfaat lain nya adalah masyarakat juga dapat merasakan manfaat langsung dari hasil kegiatan penanaman pohon, di segi ekonomi dapat mengurangi buah impor yang saat ini mendominasi pasar, ucapnya.

Kita mengapresiasi langkah Kapolri sebagai upaya nyata dalam mendukung gerakan Revolusi Mental. Kendati  masih dalam suasana Hari Kemerdekaan, langkah ini dipandang sebagai wujud mensyukuri nikmat Allah Azza Wa Jalla berupa tanaman yang dapat memberikan manfaat bagi umat manusia," tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments