Menjaga Ekosistem Dan Lestarikan Lingkungan, Polres Pasaman Barat Tanam 1.900 Batang Bibit Pohon

iklan adsense

Menjaga Ekosistem Dan Lestarikan Lingkungan, Polres Pasaman Barat Tanam 1.900 Batang Bibit Pohon

Pasaman Barat, Pionir –  Untuk melestarikan dan menjaga ekosistem lingkungan, Polres Pasaman Barat menggelar kegiatan penanaman pohon di Muaro Tanjung Jorong Pondok, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (23/08/2023) pagi.

Kegiatan penanaman pohon dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia dengan mengangkat tema "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini". Hal ini merupakan Instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah dan unsur Forkopimda Pasaman Barat, yang telah hadir dalam program penanaman pohon yang dilaksanakan serentak secara Nasional ini.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri dalam melestarikan dan menjaga ekosistem lingkungan sekitar dengan mengusung tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini," ujar Kapolres disela-sela kegiatan.

AKBP Agung Basuki menerangkan, penanaman pohon merupakan program dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023. Hal ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan serta menjaga ekosistem lingkungan.

"Penanaman pohon menggandeng unsur TNI, Pemerintahan Kecamatan, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Selain itu, kegiatan yang sama juga digelar di masing-masing Polsek yang ada diwilayah hukum Polres Pasaman Barat," terangnya.

Orang nomor satu di Polres Pasaman Barat ini menjelaskan, sebanyak 1.385 bibit pohon yang ditanam di bagian pinggir pantai, dengan berbagai jenis bibit pohon yakni, Mahoni sebanyak 280 batang, Pinus 100 batang, Trambesi 285 batang, Bakau 320 batang, Bayur 200 batang, Durian 100 batang, Pinang 100 batang.

"Khusus di Kabupaten Pasamam Barat bibit pohon ditanam sebanyak 1.900 batang. Untuk daerah rawan abrasi sebanyak 1.300 batang bibit pohon yang ditanam, dan sisanya 600 batang ditanam di masing-masing wilayah Polsek jajaran," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengucapkan terima kasih kepada Polri, khususnya Polres Pasaman Barat yang telah peduli terhadap lingkungan sekitar dalam program penanaman pohon yang dilakukan secara serentak pada hari ini.

"Melalui program dari Bapak Kapolri ini, tentunya dapat menumbuhkan rasa cinta dalam melestarikan lingkungan sekitar dan menjaga ekosistem lingkungan, agar kedepannya tetap terlihat asri dan indah untuk dipandang," jelasnya.

Kapolres Pasaman Barat meminta kepada seluruh pihak dan masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam dalam kegiatan ini, saya berharap pohon ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anak dan cucu kemenakan kita nantinya. 

Selain Kapolres dan Wakil Bupati Pasaman Barat, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kajari Pasaman Barat M. Yusuf Putra, Para Pejabat Utama Polres Pasaman Barat, Kacapdin Pasaman Efri Syahputra, Kepala BPBD Dio, Kasat Pol PP Pasaman Barat Media Fitraj, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edison Zalmi, Camat Kecamatan Sasak Ranah Pasisie yang di wakili oleh Kasi Trantib Kecamatan Dendi Herdiman, unsur Muspika Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan niniak mamak serta tokoh masyarakat Nagari Pondok, Sasak Ranah Pasisie.

Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, Danki Brimob Iptu Riska Efki, Danpos Angkatan Laut Air Bangis yang di wakili oleh Paur Bin Potmar Letda Ahmad Wijayadi, Danramil Simpang Empat Kapten Kav. Sumidi. S, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Pasaman Barat, Personel Polsek Pasaman dan personel Polres Pasaman Barat. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments