Antisiapsi Banjir Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Goro Bersama Warga Bersihkan Drainase

iklan adsense

Antisiapsi Banjir Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Goro Bersama Warga Bersihkan Drainase

Kampung Dalam, Pionir--Hujan lebat terjadi beberapa waktu lalu membuat jalan di Korong Kampung Tangah Padang, Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman digenangi air dengan kedalaman 5 centimeter sampai 10 centimeter.

Genangan air tersebut berasal dari luapan air drainase yang ada di sepanjang jalan tersebut. Akibatnya sampah berserakan di jalan, melihat kondisi itu Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Tengah Briptu Dahnil Khodrianto, SH bersama Wali Korong Kampung Tangah Padang dan masyarakat setempat melakukan Gotong royong (Goro) membersihkan drainase yang tersumbat akibat tumpukan sampah dan lumpur, Jumat 01 September 2023 pukul 09.10 Wib.

Dahnil Khodrianto mengatakan akibat tertutupnya gorong-gorong/drainase di sepanjang jalan di Korong Kampung Tangah Padang, Nagari Sikucua Tengah itu bila hujan lebat beberapa menit saja, air akan meluap ke jalan dengan kedalaman bervariasi, ada 5 centimeter sampai 10 atau 15 centimeter.

“Pasca hujan lebat, jalan di Kanagarian Sikucua Tengah ini meninggalkan sampah, dan genangan lumpur, sehingga mempersulit pengguna jalan melintas di jalan ini, terutama sepeda motor, oleh karena itu kami bersama walikorong dan masyarakat melakukan gotong royong membersihkan dan memperdalam drainase, dengan cara mengeruk pasir yang ada dalam drainase,” ujarnya.

Dikatakannya, ini salah satu cara agar air dalam drainase tidak menguap ke jalan. Alternatif lain, tambah Dhanil dengan cara menaikan drainase sekitar 15 centimeter sampai 20 centimeter lagi, selain itu dengan cara membersihkan drainase secara continue paling tidak satu kali dalam sebulan,” katanya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments