Bhabinkamtibmas Polsek Koto XI Tarusan Gotong Royong Bersihkan Saluran Air Persawahan Bersama Warga

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Koto XI Tarusan Gotong Royong Bersihkan Saluran Air Persawahan Bersama Warga

Tarusan, Pionir--Warga Kampung Subarang Rajo Agam Kenagarian Baruang-Baruang Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan gotong royong bersama dalam rangka membersihkan dan mengaliri saluran air dari bukit ke sawah masyarakat, Jumat15 September 2023.

Pagi itu tampak para petani tersebut membawa berbagai perlengkapan. Seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan saluran air yang sudah tersumbat.

Aiptu Effitra Bhabinkamtibmas Polsek Koto XI Tarusan untuk Kanagarian Baruang-Baruang Balantai mengatakan pada Pionir, pembersihan saluran air dari gunung itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur atau penangkalan yang nantinya akan menghambat aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

"Pembersihan saluran air dari pegunungan ini dilakukan untuk menunjang kelancaran air ke area persawahan masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya, selama ini saluran air dari pegunungan tersebut belum dapat melayani areal persawahan secara keseluruhan. Sebab, saluran air tersebut sudah dangkal, dan berlumpur, sehingga perlu pendalaman dengan cara gotong-royong bersama warga. Bahkan ada beberapa lokasi harus di pasang polongan, agar debit air yang mengalir bisa lebih banyak lagi.

"Saluran air ini harus terus dijaga kelancarannya agar produksi pertanian warga dapat lebih maksimal. Sehingga dapat mendongkrak kesejahteraan para petani," ucapnya.

Lanjut Effitra mengatakan, selaku Bhabinkamtibmas ia menilai kerja bakti/gotong royong seperti ini sangat baik untuk terus di lakukan, karena akan turut mempererat tali silaturahmi antar warga, sehingga terciptanya kerukunan dalam bermasyarakat. Imbasnya, tentu situasi kamtibmas yang kondusif dapat terwujud.

Gotong royong tersebut juga di hadiri oleh Pj. Walinagari Baruang-Baruang Balantai, Ketua KAN Baruang-Baruang Balantai,  Kepala Kampung Subarang Rajo Agam, Para pendamping Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat & tokoh agama, dan pemuda Kampung Subarang Rajo Agam, tukasnya (Firman Sikumbang)

 

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments