Datuak Suku Melayu Kanagarian Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan di Lewakan

iklan adsense

Datuak Suku Melayu Kanagarian Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan di Lewakan

Tarusan, Pionir-- Dalam kaum atau suku di Ranah Minang keberadaan seorang Datuk merupakan pimpinan tertinggi yang akan membimbing anak kemanakannya ke arah yang lebih baik.

Diketahui, dalam pengangkatan seorang Datuak dalam kaum atau suku di Ranah Minang bukan lah hal yang gampang. Butuh pertimbangan, kajian dan perundingan panjang dalam kaum atau suku. Sebab, butuh kesepakatan bersama dalam kaum "duduak ba iyo-iyo mancari mufakat," (duduk bersama mencari kesepakatan)

Seperti pengangkatan Datuak dalam Suku atau Kaum Melayu yang di selengarakan di Kantor Wali Nagari Kapuah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, pada hari Kamis 14 September 2023 sekira pukul 10.00 Wib kemaren.

Bhabinkamtibmas Nagari Kapuah, Polsek Koto XI Tarusan Briptu Refifo yang sengaja di tugaskan Kapolsek XI Tarusan Iptu Donny Putra, SH.MH untuk memberikan pengamanan pada acara pengukuhan Datuak Suku Melayu tersebut mengatakan, pengangkatan gala (gelar) Datuak di Kaum Suku Melayu ini merupakan pengangkatan Datuak "Basalin Baju". Sebab, gelar Datuak sebelumnya yang di peggang oleh Mawardi di gantikan langsung oleh Kakak kandungnya sendiri yaitu Dahnil. Karna Mawardi sudah lama mangkat (meninggal dunia). 

Karna terjadi kekosongan cukup lama pemeggang gelar Datuak di Kaum atau suku Malayu itu, maka dilakukan perundingan kaum. Sehinga kaum suku Melayu menyepakai Dhanil di nobatkan sebagai Datuak dalam kaum suku Melayu tersebut dengan gelar "Datuak Rajo Bandaro," yang di lewakan secara langsung oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kapuah Aslilem Dt Rajo.

"Alhamdulillah prosesi melewakan Datuak Rajo Bandaro kaum suku Melayu itu berjalan dengan aman dan lancar, tanpa ada gangguan," ucapnya.

Semoga dengan di lewakanya gelar Datuak Rajo Bandaro kaum suku Melayu itu dapat membawa perubahan kepada anak kemanakannya ke arah yang lebih baik/pambangkik batang taramdam, serta dapat menjadi suluah bendang dalam banagari, khususnya di Kanagarian Kapuah.

Acara melewakan/pelantikan Datuak Suku Melayu tersebut di hadiri dan dilantik oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aslilem Dt Rajo Johan,  anggota KAN Nagari Kapuah, Wali Nagari Kapuah beserta stafnya, walikorong, Niniak mamak, alim ulama & cadiak pandai serta bundo kanduang dan pemuda parik nagari, tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments