Jalan Nasional Padang-Painan Macet Total

iklan adsense

Jalan Nasional Padang-Painan Macet Total

Tarusan, Pionir--Rabu 06 September 2023
Jalan raya Padang-Painan Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan macet total. Macetnya jalan nasional Padang-Painan itu di sebabkan sebuah truck bermuatan Inti Sawit mengalami patah as roda, tepatnya di Pasar Jirek Kenagarian Duku Kecamatan Koto XI Tarusan, sejak pukul 21.00 Wib, Selasa 05 September 2023. Namun tak kunjung juga di perbaiki sampai esok paginya, akhirnya mengakibatkan kemacetan cukup panjang, mulai pukul 07.00 Wib sampai pada pukul 14.00 Wib.

Menyikapi hal itu, Kapolsek XI Tarusan, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Donny Putra, SH.MH perintahkan personelnya untuk mendatangi lokasi dan melakukan pengaturan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Setelah dilakukan sistem buka tutup, arus lalulintas di sekitar lokasi mulai berangsur-angsur lancar. "Kami berlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan. Namun, saat proses buka tutup berlangsung sebuah mobil tangki pengangkut CPO memaksa untuk melewati jalur tersebut. Karna  terjadinya penyempitan jalan, mobil tangki  bermuatan CPO itu tiba-tiba ringsek dan terperosok hingga tidak bisa melaju," ujarnya.

Donny mengatakan, kondisi ini memperparah situasi, awalnya kendaraan sudah bisa jalan dengan sistem buka tutup, namun saat mobil tangki CPO tersebut terpelosok mengakibatkan jalan tidak bisa di lewati sama sekali.

Menurut Donny, proses evakuasi sudah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB, namun hingga kini belum juga tuntas karena pemilik truck pengangkut Inti Sawit masih menunggu pengantian onderdil yang rusak dari Kota Padang.

Kendati demikian, para personel tetap stand by di lokasi hingga truck selesai diperbaiki. “Ini untuk memantau situasi lalulintas, mengingat jalur ini merupakan jalur utama menuju Kota Padang,"ujarnya.

Diprediksi Jalan Nasional Padang-Painan itu akan kembali normal sekitar pukul 14.00 WIB, karena proses evakuasi masih berlangsung. Mudah-mudahan proses evakuasi bisa dilakukan dengan cepat," tukasnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments