AKBP DONY SETIAWAN MEMBERI TANPA BERHARAP PAMRIH

AKBP Dony Setiawan Memberi Tanpa Berharap Pamrih

PAYAKUMBUH, Pionir—AKBP Dony Setiawan S.IK, MH sepertinya memang pantas meraih penghargaan sebagai "Kapolres Idola Masyarakat" oleh media Mitrapol pada Oktober 2018 lalu. Tak hanya itu, saat ia menjadi Kapolres Solok Kota, pada bulan November 2017, Dony Setiawan bahkan dinobatkan pula menjadi warga kehormatan oleh tokoh adat dengan penganugerahan gelar kehormatan "Datuk Pandeka Rajo Mudo". 

Tampaknya apa yang dilakukan Dony di Kota Solok tak sekedar pencitraan. Buktinya ketika dia dimutasi sebagai Kapolres Payakumbuh pada bulan September 2019 sesuai Surat Telegram Mabes Polri Nomor ST/2317/KEP/2019, ternyata alumni Akpol tahun 2000 ini masih “mencuri” perhatian masyarakat daerah yang memiliki julukan Kota Batiah dan Kampung Rendang itu. 

Buktinya, meski baru beberapa bulan menjabat sebagai Kapolres Payakumbuh, pria asal Palembang ini manpu memberi “warna unik” di tengah masyarakat Kota Payakumbuh. 

Seperti yang terjadi pada Jumat sore 15 Mai 2020 misalnya ! Menurut Ketua Karang Taruna Nunang Daya Bangun, Dedi Hendri, Kapolres Payakumbuh bersama personelnya tengah melewati Posko Mandiri Covid-19 di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat. Saat itu Dony sempat melambaikan tangannya pada orang-orang yang berada di Posko tersebut. Namun tiba-tiba iring-iringan kendaraan Kapolres tersebut berhenti, kendaraan itu mundur dan mampir di Posko itu. 

Selain memberi semangat, saat itu Dony pun menitipkan “buah tangan”.  Tak mengherankan bila ungkapan terima kasih warga atas dukungan Kapolres Payakumbuh ini diposting melalui akun facebook oleh Ketua Karang Taruna Nunang Daya Bangun Dedi Hendri.

“Alhamdulillah memang Bapak Kapolres Payakumbuh penuh kejutan. Tanpa ada kode dan mengabari beliau langsung mampir ke Posko Covid Nunang Daya Bangun. Memang sudah lama saya mengajak beliau untuk mampir ke Posko ini, namun karena kesibukan beliau belum ada jawaban. Siang ini beliau lewat di depan Posko kami dan melambaikan tangan. Pak Dony menitipkan sejumlah uang untuk bekal adik adik buat rokok dan makan sahur".

Terima Kasih Bapak Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.I.K, M.H, Bapak Wakapolres Kompol Arie Sulistyo Nugroho S.I.K M.H. Dan seluruh rombongan Polres Payakumbuh. Kehadiran beliau dan rombongan memberi kami sipirit untuk semangat lagi.  "Alhamdulillah hampir semua pimpinan memberi kami spirit”, begitu tulis Dedi Hendri di akun facebooknya. 

Alasan Dony kepada Pionir, Minggu sore 17 Mai 2020, ia memberikan “buah tangan” bagi pemuda yang ada di Posko Relawan Covid Kelurahan Nunang Daya Bangun tersebut karena apa yang dilakukan para pemuda tersebut pantas diapresiasi. 

“Posko Relawan atau Posko Mandiri yang pada prinsipnya dibangun secara swadaya, merupakan salah satu bentuk kepedulian warga yang harus kita apresiasi bersama. Sekecil apapun dukungan kita terhadap relawan tersebut sangatlah berarti sebagai bentuk apresiasi kita atas pengabdian warga dalam membantu pemerintah. Mari kita dukung mereka,” kata Dony Setiawan. 

BERIKAN APD 

Tak hanya untuk Posko Relawan Covid Kelurahan Nunang Daya Bangun, hari berikutnya Dony juga memberikan dukungan pada warga yang membantu peran pemerintah dalam menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk petugas Posko Mandiri Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh. 

Saat itu Polres Payakumbuh yang dipimpin oleh AKBP Dony Setiawan juga memberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas Posko Mandiri Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh. 

Saat itu Dony menyumbangkan satu kardus yang berisi beberapa buah baju hazmat, puluhan masker serta uang tunai untuk mendukung pelaksanaan tugas Posko Sungai Durian. 

“Kita mengapresiasi warga yang berinisiatif memprakarsai gerakan pencegahan penularan Covid-19 secara mandiri di lingkungannya masing-masing. Sambil menjalankan tugas sebagai relawan dalam percepatan penanganan Covid-19, itu berarti warga juga berperan dalam menjaga situasi Kamtibmas di lingkungannya,” kata AKBP Dony Setiawan. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.