POLWAN POLRES PAYAKUMBUH HASILKAN RIBUAN MASKER

iklan adsense
Polwan Polres Payakumbuh Hasilkan Ribuan Masker 

PAYAKUMBUH, Pionir—Beberapa bulan belakangan masker dan pembersih tangan sulit ditemukan di Kota Payakumbuh dan sekitarnya. Berdasarkan pantauan di lapangan, jika pun ada yang memiliki masker untuk dijual, masyarakat harus membeli dengan harga yang tidak wajar dan naik berkali-kali lipat dari harga normal. 

Kepolisian Resor (Polres) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) sedang menyelidiki indikasi ada penimbunan barang untuk masker dan pembersih tangan tersebut. Di tengah upaya menyelidiki kemungkinan adanya pihak-pihak yang melakukan penimbunan masker dan pembersih tangan untuk keuntungan sendiri, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.IK, MH, mengerahkan personel polisi wanita (Polwan) bisa membantu kebutuhan masker masyarakat maupun petugas saat pandemi Covid-19 ini. 

Menurut Kabag Sumda Kompol Russirwan, pada Pionir melalui telpon seluler, Kamis malam 7 Mai 2020, Polres Payakumbuh memberikan pelatihan menjahit masker pada 16 orang Bintara Polwan di Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh. 

“Terhitung sejak tanggal 4 Mei 2020 hingga 14 Mei 2020 para Polwan ini belajar membuat masker nonmedis untuk membantu persediaan masker saat pandemi Covid-19,” kata Russirwan. 
Dikatakan, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan juga telah datang ke Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh melihat perkembangan pelatihan yang diikuti personel Polwan dalam membuat masker. 

“Keterampilan yang didapatkan oleh para personel Polwan ini akan sangat berguna ketika bencana terjadi. Masker tidak hanya berguna saat pandemi Covid-19 saja, akan tetapi peristiwa kabut asap, letusan Gunung Merapi dan lainnya membuat warga akan membutuhkan masker sebagai pelindung diri,” kata Russirwan. 

Dalam kegiatan pelatihan menjahit masker yang dipimpin oleh instruktur dari BLK Kota Payakumbuh, yaitu Netti Herawati dan Yondrizal ini dalam beberapa hari saja para Polwan tersebut telah berhasil menjahit ribuan helai masker, dengan rincian, pada hari pertama 126 helai masker, hari kedua 240 helai, hari ketiga 298 helai, hari keempat 344 helai masker. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments