POLSEK SIPORA IKUT BAHAS PELAKSANAAN IDUL ADHA DITENGAH COVID - 19

iklan adsense
POLSEK SIPORA IKUT BAHAS PELAKSANAAN IDUL ADHA DI TENGAH COVID-19

MENTAWAI, Pionir--Tak berapa lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun belakangan muncul pertanyaan di masyarakat tentang tata cara shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Oleh karenanya, MUI memandang perlu menetapkan fatwa tentang shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban saat wabah Covid-19 untuk dijadikan pedoman. Sementara Kementerian Agama menerbitkan pula panduan penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441H/2020M pada masa pandemi Covid-19. 

Panduan tersebut tertuang dalam Surat Edaran No.18/2020 yang diteken Menteri Agama Fachrul Razi. Menag menyebut aturan ini menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau new normal. 

Berpedoman pada Fatwa MUI dan Keputusan Kementrian Agama itu Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra juga merasa berkewajiban untuk melaksanakan di wilayah hukumnya. 

Untuk itu Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra SH.MH mengutus Bhabimkamtibmas yaitu Bhabinkamtibmas Desa Sioban Bripka Ade Nafrianto mengikuti kegiatan di Masjid Besar Nurul Iman Sioban, yang membahas tentang persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan pembentukan panitia pelaksana pemotongan hewan qurban. 

"Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh pengurus Masjid Besar Nurul Iman Sioban bersama dengan tokoh agama Islam serta beberapa orang perwakilan jemaah masjid itu, untuk membahas langkah-langkah terkait pelaksanaan shalat Idul Adha di masa new normal yang tetap memperhatikan protokol kesehatan," terang Iptu Donny Putra. 

Saat itu kata Donny menambahkan, juga dilakukan pembentukan panitia pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang nantinya akan mencari hewan qurban yang akan disembelih serta melaksanakan penyembelihan hewan qurban hingga menyalurkannya ke masyarakat yang berhak menerima daging hewan qurban tersebut. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments