HUJAN LEBAT, LONGSOR TERJADI DI JORONG BATANG PALUPUH

iklan adsense

HUJAN LEBAT, LONGSOR TERJADI DI JORONG BATANG PALUPUH 

BUKITTINGGI, Pionir--Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur sebagian wilayah Sumatera Barat (Sumbar) memicu terjadinya longsor di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Bukittinggi - Medan, di Km 12 Jorong Batang Palupuh, Kenagarian Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Kamis 26 November 2020. 

Kata Kapolres Bukittinggi AKBP Dodi Prawinegara SH, SIK, MH melalui Kapolsek Palupuh, Polres Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Syafri SH, “Longsoran material tanah itu menimbun jalan dengan panjang 10 meter, ketinggian 3 meter sehingga mengakibatkan arus lalu lintas tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua,” kata Iptu Syafri. 

Dikatakannya, untuk mengatasi tanah longsor tersebut telah dilakukan pembersihan material dengan menggunakan alat dari BPBD Kota Bukittinggi dibantu oleh personil Polsek Palupuh beserta masyarakat setempat. 

Karena arus kendaraan terganggu akibat longsor itu, kata Iptu Syafri menambahkan, Kapolres Bukittinggi AKBP Dodi Prawinegara mengistruksikan agar diberlakukan sistem buka-tutup di jalur yang terdampak longsor tersebut. 

“Sekitar jam 10.30 WIB material longsor yang menimbun jalan dapat dibersihkan dan arus lalu lintas sudah bisa dilewati, dengan bantuan personil dari Polres Bukittinggi, Polsek Palupuh, TNI dan BPBD Agam,” ungkap Iptu Syafri.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi mengatakan, satu alat berat dikerahkan untuk membersihkan alat material longsor tersebut. Muhammad Lutfi mengatakan, longsor tersebut terjadi akibat hujan yang terjadi di wilayah tersebut cukup lebat. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments