WAKAPOLSEK BUKITTINGGI IMBAU BUNDO KANDUANG BERPERAN MENINGKATKAN DISIPLIN MASYARAKAT TERHADAP PROKES

WAKAPOLSEK BUKITTINGGI IMBAU BUNDO KANDUANG BERPERAN MENINGKATKAN DISIPLIN MASYARAKAT TERHADAP PROKES 

BUKITTINGGI, Pionir—Selasa pagis 10 November 2020 itu Aula Kantor Camat Guguak Panjang dipenuhi oleh para Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengikuti kegiatan pembinaan. 

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 orang Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan dan Pengurus Kecamatan. Hadir juga Camat Guguak Panjang, Syanji Faredy FF S.STP, M.Si sebagai payuang panji dan penasehat Bundo Kanduang Kecamatan Guguak Panjang. 

Camat Guguak Panjang, Syanji Faredy mengatakan, tujuan dari pembinaan ini adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi Bundo Kanduang dalam pembangunan nagari dan kemajuan kota, sebagai pelestarian adat dan budaya di Kecamatan Guguak Panjang, serta untuk menambah wawasan bagi para Bundo Kanduang yang telah ditunjuk dalam mengikuti kegiatan dan mengaplikasikan di keluarga, lingkungan dan kaum. 

Salah seorang nara sumber dalam pembinaan ini adalah Wakapolsek Bukittinggi Iptu Rosminarti, SH. Pada kesempatan tersebut Iptu Rosminarti menekankan kepada peserta untuk lebih bisa memfungsikan apa itu Bundo Kanduang sesuai dengan filsafat 

“Pai tampek batanyo, pulang tampek babarito, litak tampek mintak nasi, auih tampek mintak minum”, dengan arti kata Bundo Kanduang sangat berperan di Rumah Gadang dan di nagari. 

Disamping itu kata Rosminarti menambahkan, Bundo Kanduang juga sebagai panutan dalam keluarga dan masyarakat. Jika baik Bundo Kanduang, maka baiklah nagari. Untuk itulah pada kesempatan itu Iptu Rosminarti mengimbau para Bundo Kanduang untuk berperan dalam meningkatkan disiplin masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan serta menciptakan Pemilukada serentak tahun 2020 dengan aman, damai tanpa hoax dan ujaran kebencian. 

Sementara itu, usai acara tersebut Wakapolsek Bukittinggi Iptu Rosminarti kepada Pionir mengatakan, sebenarnya Bundo Kanduang merupakan figur yang sangat menentukan dalam kehidupan moral dan martabat sebuah keluarga atau kaum. Sebagai perantara keturunan, Bundo Kandung juga memiliki tugas pokok dalam membentuk dan menentukan watak anak yang merupakan keturunannya. 

Secara harfiah kata Iptu Rosminarti, Bundo Kanduang diartikan sebagai “ibu sejati”. Oleh sebab itu, sebagai ibu sejati, Bundo Kanduang harus memiliki sifat keibuan dan kepemimpinan. 

Dikatakannya, Bundo Kanduang secara fungsional mengacu kepada perempuan senior atau ibu utama dalam suatu keluaga matrilineal Minangkabau, yang memiliki kepribadian yang kuat, bijak dan adil, serta secara mental maupun fisik mampu untuk membuat keputusan-keputusan yang benar dan adil dianggap paling tepat berperan dalam meningkatkan disiplin masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) serta menciptakan Pemilukada serentak tahun 2020 dengan aman, damai tanpa hoax dan ujaran kebencian. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.