PENGGUNAAN MASKER LEBIH EFEKTIF MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA

PENGGUNAAN MASKER LEBIH EFEKTIF MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA 

PARIAMAN KOTA, PIONIR--- Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2). SARS-Cov-2 merupakan coronavirus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. 

Tanda dan gejala umum infeksi Covid-19 ini, antara lain gejala gangguan pernafasan akut seperti demam, batuk dan sesak nafas. Masa inkubasi rata rata 5-6 hari dengan masa inkubasi terpanjang 14 hari. 

Pada kasus Covid-19 yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. 

Sejak kasus pertama diumumkan pada tanggal 2 Maret 2020, penyebaran penularan Covid-19 ini terjadi dengan cepat di Indonesia. Hal ini memerlukan strategi penanganan sesuai dengan transmisi yang terjadi baik di tingkat pusat maupun didaerah, kata Bripka Asrikonaldi Bhabinkamtibmas Nagari Pilubang, Polsek Sungai Limau, Polres Pariaman Kota, saat melakukan giat Door to Door Systim dengan warga binaanya, Kamis 3 November 2020.

Bripka Asrikonaldi mengatakan, Untuk mengantisipasi penyebaran. Penggunaan masker menjadi salah satu langkah yang efektif untuk mencegah penularan virus ini, katanya 

Dikatakanya, mengutip situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masker akan efektif jika dikombinasikan dengan rutinitas mencuci tangan pada air yang mengalir dengan menggunakan sabun.

Katanya, mencuci tangan tersebut akan lebih efektif lagi, apabila dilakukan sesering mungkin sebelum makan atau setelah makan selama 30 detik, ungkapnya.  

Lanjut Bripka Asrikonaldi mengatakan, penggunaan masker yang benar menjadi edukasi yang harus diberikan pada seluruh lapisan masyarakat. 

Tahapannya dimulai dari cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker, tutupi mulut dan hidung dengan masker, serta pastikan tak ada celah antara wajah dan masker. Katanya menjelaskan (tim)

Post a Comment

0 Comments