AKP KASMAN LIBATKAN NINIK MAMAK MEMUTUS RANTAI PENYEBARAN COVID-19

AKP KASMAN LIBATKAN NINIK MAMAK MEMUTUS RANTAI PENYEBARAN COVID-19

PARIAMAN, Pionir—Kapolsek V Koto Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Kasman, S.Sos, MH memahami betul bahwa sebagai pemimpin dalam suatu suku, ninik mamak memilki banyak peran sebagaimana yang telah ditentukan dalam undang-undang Minagkabau, diantara perannya adalah membimbing kemenakan (anggota suku) baik secara moril maupun materil serta juga memilki peran dalam pernikahan dan penyelesaian sengketa kemenakan. 

Oleh karena itu, saat bersilaturahmi dengan Sekretaris LKAAM Kabupaten Padang Pariaman Abdul Ghani Arif Dt Rangkayo Mudo di kedai kopi Simpang Empat Toboh dan Ketua LKAAM V Koto Kampung Dalam Z. Dt Bandaro Basa di Korong Tigo Jerong Nagari Kudu Gantiang Barat, pada Jumat 19 Februari 2021, Kasman sengaja membahas tentang peranan ninik mamak dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan memutus rantai penyebaran virus corona Covid-19 dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Tiap-tiap masyarakat Minangkabau dikelompokkan ke dalam suku dan tiap suku itu dipimpin oleh seorang mamak atau yang kita kenal dengan ninik mamak.Dalam pepatah adat Minangkabau disebutkan bahwa fungsi ninik mamak adalah ka pai tampek batanyo ka pulang tampek babarito (ketika pergi tempat bertanya, ketika kembali tempat membri berita). Maksudnya ninik mamak adalah sebagai tempat bertanya dan melaporkan segala sesuatu sehingga ninik mamak mengetahui keadaan dari anggota suku dengan baik,” kata Kasman.

Kasman pun tak menampik bahwa belakangan ada pergeseran peran ninik mamak, yang difaktori oleh banyak hal, diantara faktor terbesarnya adalah modernisasi dan pengaruh budaya luar sehingga semakin terkikisnya adat Minangkabau yang sudah ada di V Koto Kampung Dalam tersebut.

“Kita akui belakangan peran ninik mamak ini tidak termasuk pada peran ideal karena ada hak dan kewajiban yang tidak dapat terpenuhi secara maksimal, sehingga dapat mengakibatkan pergeseran peran ninik mamak itu sendiri,” ujar Kasman. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.