KAMANG MAGEK SIAP LUNCURKAN KAMPUNG TAGEH

KAMANG MAGEK SIAP LUNCURKAN KAMPUNG TAGEH

BUKITTINGGI, Pionir—Kamang Magek adalah sebuah kecamatan yang terdapat diwilayah administratif  Pemerintah Kabupaten Agam, namun secara yuridis Kamang Magek marupakan wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang, Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat.

Saat ini kecamatan yang merupakan pemekaran dari kecamatan Tilatang Kamang dan dalam Perang Padri daerah ini pernah menjadi basis dari Kaum Padri yang dipimpin oleh Tuanku Nan Renceh ini tengah dipersiapkan menjadi Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Upaya itu terlihat dari berbagai persiapan dan pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan bersama Polsek Tilatang Kamang pada kecamatan yang memiliki 3 nagari tersebut, yaitu Nagari Kamang Hilir, Kamang Mudik dan Nagari Magek ini.

Kapolsek Tilatang Kamang Iptu Rommy Hendra K, SH, MM pada Pionir Kamis 18 Februari 2021, pihaknya bersama Camat Kamang Magek Rio Eka Putra S.IP, Msi, Danramil 07 Tilatang Kamang Kapten Inf Herman, Wali Nagari Kamang Mudiak Edison, Walinagari Kamang Magek Emifandra, Sekretaris Nagari Kamang Hilir dan Staf Puskesmas Magek Dessy baru saja melaksanakan rapat kordinasi (Rakor) dan sosialisasi KTN di wilayah Kamang Magek.

“Pada rakor yang dipimpin Camat Kamang Magek tersebut dibahas sejumlah kesiapan sebagai barometer penilaian nagari sebagai Kampung Tangguh Nusantara dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,” kata Rommy Hendra.

Sebenarnya kata Rommy menambahkan, Kampung Tangguh Nusantara merupakan program nasional dari Polri. “Kita di Kecamatan Kamang Magek memberi nama dengan Kampuang Tageh Covid-19,” ujar Rommy.

Guna mensukseskan program tersebut, Pemerintah Kecamatan Kamang Magek, kata Rommy memfasilitasi persiapan yang dilakukan dengan melakukan pembenahan terhadap 3 sektor utama.  Tiga sektor tersebut adalah kesehatan dengan pembentukan posko, penerapan pola hidup sehat, sosial ekonomi melalui pembangunan soft skill ketahanan pangan dan  sektor keamanan dengan adanya penerapan SOP pelanggaran kejahatan ringan, meningkatkan sistem kemanan kampung.

“Konsep Kampung Tageh ini menitik beratkan peran serta elemen masyarakat, sehingga penyebaran Covid-19 dapat dicegah dan kampung tersebut mempunyai daya cegah penyebaran Covid-19,” kata Iptu Rommy Hendra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.