KASAT SABHARA POLRES PARIAMAN CEK SENPI INVENTARIS LARAS PANJANG

KASAT SABHARA POLRES PARIAMAN CEK SENPI INVENTARIS LARAS PANJANG

PARIAMAN KOTA, Pionir—Puluhan pucuk senjata api (senpi) inventaris laras panjang SS1 milik Sat Shabara Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) pagi tadi (Kamis 4 Maret 2021) diperiksa dan dibersihkan. 

Kata Kasat Sabhara Polres Pariaman Iptu Adlis, ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan, Sat Sabhara Polres Pariaman mengecek dan membersihkan senjata api dinas.

“Pemeriksaan senpi sendiri meliputi semua aspek, mulai dari kelengkapan administrasi kepemilikan senpi, kondisi, serta kebersihannya,” kata Adlis.

Dikatakan Adlis, tujuan dilaksanakannya pemeriksaan senpi ini selain dalam rangka pengawasan, juga untuk menjamin kondisinya agar tetap baik saat digunakan.

“Saat itu ditemui ada beberapa senjata dari anggota yang kotor, maklum karena dipakai buat dinas. Selanjutnya saya minta anggota agar membersihkan dengan menggunakan cairan khusus. Kita ingin agar senjata itu jangan sampai kotor apalagi macet saat digunakan dalam keadaan kontijensi,” beber Adlis.

Dikatakan, dalam kegiatan pemeriksaan kali ini, anggota Bintara Remaja Polres Pariaman juga diberi pengetahuan tentang tata cara melakukan bongkar pasang dan pembersihan senjata oleh Instrukrur Senior, agar tidak ada pelanggaran saat memegang senpi.

“Kita tekankan terutama bagi personel Bintara Remaja yang notabennya masih muda belum memahami cara bongkar pasang senjata kita berikan pengetahuan cara bongkar pasang dan membersihkan senjata, serta pengetahuan tentang peraturan menggunakan senjata api yang baik dan benar,” terang Iptu Adlis. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments