PANGGILAN JIWA SANG BHABINKAMTIBMAS

PANGGILAN JIWA SANG BHABINKAMTIBMAS

PARIAMAN KOTA, PIONOR--- Giat sambang merupakan giat rutinitas Bhabinkamtibmas, bertujuan untuk membuhul tali silaturahmi dan mencari informasi yang berkembang ditengah masyarakat serta sebagai medium untuk menyampaikan himbauan/sosialisasi kamtibmas dan lain sebagainya.

Peranan Bhabinkamtibmas itu cukup unik, namun dibalik ke unikan tugas seorang Bhabinkamtibmas itu terselip tugas mulia. Seorang Bhabinkamtibmas tidak saja ditugasi sebagai penjaga Kamtibmas, tapi dia juga mempunyai kewajiban untuk mengetahui segala macam permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat/ warga binaannya. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Nagari  Campago V Koto Kampung Dalam, Polsek V Koto Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Bripka Feri Fernando. Pada hari Senen 15 Maret 2021 dia menyambangi warga binaanya di Korong Padang Manih Kanagarian Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kebupaten Padang Pariaman.

Pada giat sambang itu, Feri Fernando menampung segala  keluh kesah masyarakat yang sedang mengalami gagal panen."Pada bulan ini hasil panen para petani merugi, disebabkan padi mereka diserang hama Werang," katanya.

Menyikapi hal itu, Feri Fernando selaku Bhabinkamtibmas mencoba menyalurkan masalah yang sedang dialami warga nya itu ke dinas pertanian dan perkebunan Kabupaten Padang Pariaman, Alhamdulillah saat ini dalam proses, katanya.

Melihat keluh kesah yang dialami warga binaannya itu,  panggilan jiwa nya pun langsung bergeming di lubuk hatinya, secara spontan dia pun langsung turun kesawah ikut serta membantu warga memanen padi meski masih berbelut pakaian dinas.

"Ketika melihat warganya sedang memanen padi Feri Fernando pun langsung turun ke sawah untuk membantu mereka, ia tidak canggung meski masih menggunakan seragam dinas kepolisian."

Kata Feri hal itu dilakukan untuk menunjukkan kedekatan Polisi dengan masyarakat dimanapun tempatnya, kepada siapapun dan dimana pun, katanya.

“Tadi itu saya lagi melaksanakan kegiatan rutin sambang warga, tidak sengaja melihat warga binaan saya sedang panen, lalu saya langsung membantu mereka sekaligus mendengarkan keluh kesah warga, agar terjalin hubungan yang baik antara polisi dengan masyarakat,” ucapnya.

Sebagai Babinkamtibmas, kata Feri Fernando harus selalu siap sedia membantu warga apalagi dalam keadaan gagal panen seperti ini.

Sebagai pelayan masyarakat hati nuraninya  didorong menjadi pelopor bagi warga, terutama kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian menuju  nagari yang kuat ekonomi/pangan menuju target nasional swasembada beras.

Pada kesempatan itu Feri Fernando juga  mengimbau warga binaanya untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam kehidupan sehari-hari, dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, seperti menerapkan  3M, (Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun serta Menjaga Jarak fisik), (Firman Sikumbang)


Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.