MELALUI GIAT SIMULASI PENANGGULAN BENCANA ALAM WUJUDKAN MASYARAKAT SADAR BENCANA

MELALUI GIAT SIMULASI PENANGGULAN BENCANA ALAM WUJUDKAN MASYARAKAT SADAR BENCANA

PARIAMAN KOTA, Pionir---Guna membangun kesadaran masyarakat dan sebagai upaya mitigasi bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman melakukan simulasi evakuasi bencana. Kegiatan itu berlangsung di lapangan bola Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Rabu 7 April 2021.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan serangkaian acara mulai dari dibunyikannya sirine sebagai pertanda terjadinya gempa, evakuasi warga menuju titik kumpul, pencarian korban hilang, hingga simulasi evakuasi jika terjadi korban luka dan korban jiwa.

Hadir dalam kegiatan simulasi penaggulangan bencana itu Camat Pariaman Utara, Kepala Desa Ampalu, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman, Bripka Almukhtarif, tokoh masyarakat Ampalu serta masyarakat setempat.

Bripka Almukhtarif Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman pada Pionir, Kamis 8 Maret 2021 mengatakan, kegiatan simulasi penaggulangan bencana ini dilakukan bertujuan agar terbangunnya kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana.

Dikatakan Bripka Almukhtarif hal ini penting dilakukan menilai Kota Pariaman berada di bibir pantai, disinyalir rawan bencana gempa dan tsunami.

"Semoga nantinya simulasi evakuasi selanjutnya bukan hanya BPBD dan jajaran nya yang melakukan. Semoga hal ini menjadi budaya dan warga senantiasa melakukan hal ini dengan rutin agar mitigasi berjalan maksimal," ucapnya. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments