LAKUKAN PATROLI WILAYAH, KAPOLSEK SIBERUT SAMBANGI SUKU PEDALAMAN MENTAWAI

LAKUKAN PATROLI WILAYAH, KAPOLSEK SIBERUT SAMBANGI SUKU PEDALAMAN MENTAWAI

MENTAWAI, Pionir--Kamis 3 Juni 2021 Kapolsek Siberut, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Ronnal Yandra, SH melaksanakan kegiatan patroli wilayah dengan sepeda motor ke seputaran wilayah hukum Polsek Siberut dalam rangka mengantisiasi daerah rawan curat, curas dan curanmor serta menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Kesempatan itu pun dimanfaatkan oleh Ronnal Yandra menyambangi suku pedalaman Mentawai yaitu Sikerei yang sering dikunjungi oleh wisatawan manca negara yaitu Aman Laulau di Dusun Buttui, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan.

Kata Ronnal, lokasi tempat tinggal suku pedalaman ini yang sangat jauh dari ibukota kecamatan, dengan menempuh perjalanan 5 jam dengan medan jalan yang sangat berat dan menantang.

Dikatakan Ronnal, dalam pelaksanaan patroli kali ini selain mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas juga melaksanakan penerapan protokol kesehatan di wilayah hukum Polsek Siberut. 

Ronnal menyebutkan, karena merupakan suku pedalaman, Suku Mentawai banyak dijadikan sebagai bahan penelitian oleh banyak pihak, terutama untuk memahami bagaimana pola hidup dan pola interaksi dari suku di bagian barat Indonesia ini.

“Suku Mentawai merupakan suku yang merupakan penduduk asli dari Kepulauan Mentawai di bagian barat Pulau Sumatera. Kepulauan Mentawai ini terdiri dari banyak pulau, namun memiliki 3 buah pulau utama yang banyak dihuni, yaitu Pulau Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Siberut. Total luas wilayah kepulauan ini adalah sebesar 4.000-an km persegi, dengan jumlah penghuninya sebanyak 29 hingga 30 ribuan jiwa,” kata Ronnal.

Iptu Ronnal Yandra mengatakan, yang membuat Suku Mentawai ini menarik karena merupakan salah satu suku yang tertua di Indonesia. Nenek moyang dari Suku Mentawai ini diketahui dan diyakini oleh para peneliti sudah mendiami lokasi kepulauan Mentawai di barat Sumatera sejak tahun 500 SM. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.