Kapolres Pariaman Kota Imbau Masyarakat Tak Takut Divaksin

Kapolres Pariaman Kota Imbau Masyarakat Tak Takut Divaksin 

PARIAMAN KOTA, Pionir--Untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi, Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana mengimbau warga masyarakat di Kota Pariaman agar jangan takut dan ragu untuk divaksin karena vaksin Covid-19 aman dan halal.

“Vaksin ini untuk meningkatkan imunitas tubuh dan masyarakat tidak perlu ragu atau was-was dengan vaksinasi ini. Vaksin ini aman dan halal,” ucap Kapolres AKBP Deny Rendra Laksmana.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tata kelola data serta kebijakan vaksinasi dalam penanganan Covid-19 untuk meningkatkan partisipasi peserta dalam upaya menanggulangi Covid-19, serta bagaimana peran masyarakat membantu pasien yang terkena Covid-19, dan memahamkan peserta tentang vaksin,” jelas Deny

Deny Rendra mengatakan, saat ini suntik vaksin merupakan senjata pemerintah dalam menangkal serta mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman dan umumnya di berbagai belahan dunia.

“Pengendalian pandemi melalui vaksin adalah kunci agar kita semua kembali hidup normal, kembali bekerja, anak-anak kembali ke sekolah, dan yang terutamanya ialah kembalinya perekonomian di daerah kita yang kita cintai,” kata Deny Rendra.

Dikatakan, seluruh desa di kecamatan Pariaman Selatan telah mengandekan untuk kegiatan sosialisasi vaksin ini, dimana secara bergantian akan dilaksanakan di desa masing-masing dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Perwakilan dari Polres Pariaman dan perwakilan dari Kodim 0308 Pariaman, dan saat ini sudah 10 desa di kecamatannya telah melakukan sosialisasi ini, dan dihari berikutnya untuk enam desa lainnya.

Deny Rendra mengatakan, vaksinasi kedua untuk jajaran Forkopimda berjalan lancar. Menurutnya, dari jajaran Forkopimda yang menjalani vaksinasi tahap pertama, tidak ada yang mengalami gejala yang perlu dikhawatirkan.

Menurutnya, saat ini vaksinasi masih diprioritaskan untuk masyarakat di Kota Pariaman. Sementara, vaksinasi terhadap jajaran Forkopimda untuk memberikan contoh dan meyakinkan masyarakat agar tidak takut dan ragu untuk divaksin.

“Sedangkan vaksinasi untuk anggota Polri dan petugas pelayanan publik juga sudah dilakukan, hasilnya tidak ada masalah. Jadi hal tersebut merupakan contoh bagi masyarakat untuk tidak takut dan ragu untuk di vaksin” katanya

Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana menambahkan, pihaknya juga telah membagikan ribuan masker untuk masyarakat melalui Bhabinkamtibmas di setiap Polsek di wilayah hukum Polres Pariaman, yang juga bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Meskipun sudah ada vaksin, namun perilaku penerapan protokol kesehatan jangan ditinggalkan, seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan membatasi kerumunan,” kata AKBP Deny Rendra Laksmana.

Ia juga menerangkan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas yang ada di wilayah hukum Polres Pariaman tersebut aman dan halal dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang handal.

Dalam proses penyuntikan vaksin, seluruh pasien harus melewati beberapa tahap seperti pemeriksaan tekanan darah, Pemeriksaan suhu tubuh karena bagi para menerima vaksin yang memiliki riwayat penyakit tidak disarankan untuk melanjutkan proses suntik vaksinasi.

Setelah prosedural diatas baru diberikan melalui suntikan intramuskular (injeksi) di bagian lengan kiri atas dengan menggunakan alat suntik sekali pakai atau Auto Disable Syringes (ADS) dan pemberian jeda 14 hari ini sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI, terangnya panjang lebar.

AKBP Deny Rendra Laksmana berharap tentu lewat vaksin ini kita semua bisa terjaga dari serangan virus dan masyarakat tidak lagi berpikiran negatif ataupun menolak upaya ini.

“Jangan Takut, saat tiba giliran harus mengikuti vaksin untuk mencegah penyebaran covid 19, kesehatan pulih ekonomipun bangkit” pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Walikota Pariaman, Genius Umar, selalu menghimbau tanpa bosan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

Kepada para peserta sosialisasi, Genius sampaikan kepada masyarakat yang hadir agar bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah Kota Pariaman untuk menyampaikan kepada masyarakat agar mau divaksin untuk menjaga kekebalan tubuh dan juga kesehatan kita bersama.

"Jangan pernah takut untuk divaksin karena pemerintah juga tidak mau melakukan itu jika vaksin tersebut akan merugikan masyarakatnya sendiri,” ujar Genius Umar. (Wik/Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments