KAPOLSEK SIPORA DAMPINGI TIM MEDIS MELAKUKAN TRACING

KAPOLSEK SIPORA DAMPINGI TIM MEDIS MELAKUKAN TRACING


MENTAWAI, Pionir—Seperti diketahui, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan melakukan tracing. Langkah ini baru saja dilakukan Kapolsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Ronnal Yandra, SH, pada Jumat 20 Agustus 2021.

Hari itu Ronnal Yandra didampingi oleh Bhabinkamtibmas bersama-sama dengan Kepala Puskesmas Sioban, Kecamatan Sipora Selatan mendatangi rumah 6 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Dikatakan Ronnal, enam rumah itu terdiri di dua lokasi. “Kita melakukan tracing terhadap 3 orang warga Dusun Sagitci Desa Nemnem Leuleu Kecamatan Sipora Selatan dan 3 orang warga Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan yang dinyatakan positif Covid19,” ujar Ronnal Yandra.

Ronnal juga menyebutkan bahwa pada hari itu tim juga menempelkan stiker isolasi mandiri (Isoman dan dilaksanakan testing kepada warga masyarakat yang terkontak langsung dengan warga yang dinyatakan positif Covid-19.

Tracing ini kata Ronnal menambahkan, adalah suatu proses pelacakan yang terdiri dari identifikasi, penilaian dan pengelolaan terhadap seorang yang telah terpapar penyakit dengan tujuan untuk memutus rantai penularan. 

"Putusnya rantai penularan akan dapat mengendalikan pandemi penyakit menular, termasuk Covid-19. Ketika ada seseorang yang terinfeksi Covid-19, maka semua orang yang mungkin kontak, akan diidentifikasi dan diberi informasi,” ujar Ronnal.

Proses ini kata Iptu Ronnal Yandra sangat bergantung pada kejujuran individu, karena informasi yang diberikan akan menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya terkait testing, treatment, dan karantina. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments