Anggota Dalmas Ikuti Latihan Drill Borgol

 Anggota Dalmas Ikuti Latihan Drill Borgol

Padang, Pionir—Sebagai seorang anggota Polri khususnya Dalmas, tidaklah mudah dalam melaksanakan tugas agar sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku. Karena itu selaku Dirsamapta Polda Sumbar Kombes Pol Achmadi SIK terus meningkatlkan kemampuan anggota Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Sumbar.

“Gerakan dasar memborgol dan cara melumpuhkan pelaku kejahatan haruslah dikuasai oleh setiap anggota Polri, hal tersebut bertujuan agar anggota menjadi handal dalam menangani setiap pelaku kejahatan maupun tahanan, lebih-lebih pada saat melakukan piket jaga,” kata Achmadi pada Pionir, Kamis (7/10/2021).

Dikatakannya, anggota Subdit Dalmas harus terampil dalam menggunakan borgol, bukan hanya dipakai dalam memborgol pelaku kejahatan, namun borgol juga bisa digunakan sebagai alat pemukul.

Karena itu kata Achmadi, ia selalu nyiyir mengingatkan anggotanya untuk selalu rutin melatih kemahiran gunakan borgol.

Ia pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilaksanakan Kamis pagi 7 Oktober 2021 di depan Mako Samapta. Saat itu kata dia, telah dilakukan kegiatan latihan drill borgol 1,2,dan 3 bagi anggota Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Sumbar

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembinaan fisik serta peningkatan kemampuan keterampilan menggunakan alat atau borgol,” katanya.

Kegiatan dipimpin oleh Komandan Kompi II AKP Edi Yunasri SH.MH didampingi Danton A Ipda Sudirman.SH dan Danton B Ipda Hamrizal SH.MH dan diikuti dan 90 orang personel Dalmas Polda Sumbar.

Sementara itu Komandan Kompi II AKP Edi Yunasri yang memimpin latihan itu mengatakan, dalam latihan tersebut diajarkan beberapa teori tehnik dan taktik sekaligus praktek.

“Tujuan latihan ini agar anggota Dalmas memiliki fisik dan mental yang baik serta mahir dan trampil khususnya dalam mempergunakan borgol sebagai alat untuk beladiri, sehingga pada saat melaksanakan tugas mereka mampu menghadapi setiap ancaman terhadap keselamatan dirinya maupun orang lain atauy masyarakat,” ujarnya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments