Gerak Cepat Wujudkan Herd Immunity, Polres Pasbar Gelar 35 Gerai Vaksin Presisi

Gerak Cepat Wujudkan Herd Immunity, Polres Pasbar Gelar 35 Gerai Vaksin Presisi


Pasaman Barat, Pionir--Polres Pasaman Barat terus melakukan percepatan vaksinasi covid -19 sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona atau covid -19 dengan membuka 35 gerai vaksin presisi yang tersebar di wilayah hukumnya. Selasa (19/10).

Kapolres Pasaman Barat AKBP. M Aries Purwanto, S.I.K., M.M mengatakan, pihaknya akan terus menggelar vaksinisasi setiap hari dalam rangka percepatan mendukung program pemerintah untuk mencapai "herd immunity.

"Hari ini ada sekitar 3.932 orang yang berhasil kita vaksin di 35 titik gerai vaksin Presisi yang tersebar 11 kecamatan yang ada," katanya.

Dikatakanya, upaya percepatan vaksinisasi ini tentu dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk menyadarkan masyarakat yang belum sadar akan manfaat dan kegunaan vaksinasi covid-19

"Edukasi ke masyarakat terus kita lakukan, kita berharap pada warga yang belum divaksin agar segera mendatangi gerai vaksinasi yang telah disediakan, karena vaksin bertujuan untuk memperkuat imun tubuh agar terhindar dari paparan virus corona. Vakain juga selain melindungi diri sendiri juga dapat melindungi orang lain yang  berada disekitar kita," ucapnya.

Selama pelaksanaan vaksinisasi itu, kata Aries Purwanto menjelaskan, pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengatur jarak penyuntikan antara satu dengan yang lain.

"Prokes tetap kita jalankan. Jangan lengah dengan virus ini. Salah satu upayanya saat ini adalah dengan vaksinisasi," sebutnya.

Lankut Aries Purwanto mengatakan, pelaksanaan vaksinisasi di 35 gerai itu berjalan dengan aman dan lancar. Ke-35 lokasi itu adalah di SMA Al Istiqomah Simpang Empat dengan jumlah vaksin 209 orang,  di Mess Polres Pasaman Barat sebanyak 290 orang, di SMP N 2 Sungai   Beremas sebanyak 164 orang dan di Kantor Wali Nagari Air Bangis sebanyak 114 orang.

Kemudian di rumah warga RT 01 Jorong Paraman Ampalu sebanyak 87 orang, di kantor Wali Nagari Mandiangin sebanyak 139 orang, di Puskesmas Parit sebanyak  50 orang dan di SMP N 6 Air Runding sebanyak 45 orang.

Selanjutnya di kantor Wali Nagari Air Bangis sebanyak 252 orang, di kantor Camat Luhak Nan Duo sebanyak 274 orang, di Puskesmas Simpang Empat sebanyak 31 orang, di kantir Bupati Pasaman Barat sebanyak 214 orang dan di Puskesmas Padang Tujuh sebanyak 59 orang.

Setelah itu di Puskesmas Sasak sebanyak 20 orang, di Gedung MDA Sialang sebanyak 94 orang, di SMP N1 Silaping sebanyak 58 orang, di Puskesmas Silaping sebanyak 65 orang dan di Puskesmas Desa Baru sebanyak 192 orang.

Di kantor Camat Lembah Melintang sebanyak 75 orang, di Puskesmas Ujung Gading 56 orang, di Puskesmas Ranah Salido 68 orang, di MAN 2 Pasaman Barat 

59 orang, di Puskesmas Sungai Aur 92 orang dan di Kantor Wali Nagari Sungai Aur 73 orang.

Seterusnya di Kantor Wali Persiapan Tandikek Sumber Agung 150 orang, di SMA N1 Kinali 100 orang,  di Puskesmas Kinali 122 orang, di Puskesmas IV Koto 91 orang, di SMK N 1 Kinali 84 orang dan di SMP Yapik sebanyak 66 orang.

Setelah itu di SMK N1 Talamau 119 orang,  di SMP N2 Talamau sebanyak 54 orang, di Kantor Wali Nagari sebanyak 213 orang, di Puskesmas Muaro Kiawai 66 orang dan di Jorong Talang Kuning sebanyak 67 orang.

"Jenis vaksin yang disediakan pfizer, sinovac, coronavac, moderna dan aztrazaneca. Petugasnya yang melaksanakan terdiri dari petugas kesehatan Dinas Kesehatan Pasaman Barat dan petugas kesehatan dari Polres Pasaman Barat," ujar Kapolres. (HumasResPasbar).

Post a Comment

0 Comments