BPS SUMBAR BERIKAN PENGHARGAAN Survei Membuktikan Layanan Pengaduan Polda Sumbar Baik

BPS SUMBAR BERIKAN PENGHARGAAN

Survei Membuktikan Layanan Pengaduan Polda Sumbar Baik

Padang, Pionir—Hasil survei kepuasan pengaduan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), atas pengajuan rekomendasi statistik melalui Romantik BPS.go.id di wilayah hukum Polda Sumbar dinyatakan baik.Karena itu BPS Sumbar memberikan penghargaan kepada Polda Sumbar. 

Penghargaan itu diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Selasa 16 November 2021, di Ballroom Hotel Truntum Padang.

Kata Kabid Humas Polda Sumbar, Stefanus Satake Bayu Setianto pada Khazanah, piagam penghagaan peringkat satu itu merupakan hasil dari survei kepuasan pengaduan masyarakat yang dilakukan oleh BPS Sumbar.

“Bapak Kapolda berharap ke depannya untuk dapat mempertahankan capaian tersebut demi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Tranparansi Berkeadilan),” kata Satake Bayu.

Dikatakan apa yang dilakukan Polda Sumbar sebenarnya mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Kata Satake, pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan. Karena, standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

“Bapak Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPS Sumbar dan masyarakat yang telah memberikan penilaian pelayanan pengaduan masyarakat,” kata Satake. 

Capaian ini kata Satake Bayu menambahkan, merupakan hasil kerja keras dan semangat dari Polri khususnya Polda Sumbar dan jajaran dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. 

Penghargaan lain juga diraih Polda Sumbar

Seperti diketahui, sebelumnya Universitas Negeri Padang (UNP) juga  memberikan apresiasi kepada Polda Sumbar di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung Rektorat UNP, Air Tawar Kota Padang, dan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, pada bulan Agustus 2021 lalu.

Polda Sumbar dinilai mampu membentuk kesadaran dan kepatuhan hukum yang berorientasi pada semangat keteladanan dalam kebersamaan, sehingga memberikan dukungan dan nilai kemanfaatan di UNP.

Sebagai bentuk apresiasi saat itu  Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, memberikan piagam penghargaan kepada Kapolda Sumbar yang saat itu dijabat oleh Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H., Dirreskrimum Polda Sumbar, Kombes Pol. Imam Kabut Sariadi, S.I.K., dan Wakil Direktur Reskrimum, AKBP Muchtar S. Siregar.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih rektor serta seluruh civitas akademika UNP kepada Polda Sumbar di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Stefanus Satake Bayu Setianto. 

Polda Sumbar, kata Satake menjelaskan, dinilai mampu membentuk kesadaran dan kepatuhan hukum yang berorientasi pada semangat keteladanan dalam kebersamaan, sehingga memberikan dukungan dan nilai kemanfaatan di UNP. 

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyatakan bahwa pemberikan penghargaan ini diberikan atas kesepakatan bersama civitas akademika UNP dan rektor, maka UNP memberikan penghargaan atas dedikasi dan upaya dalam rangka mengamankan dan menyelamatkan aset negara. Ini merupakan kali pertama UNP memberikan penghargaan kepada jajaran Polda Sumbar, kata Ganefri saat itu.

Kemudia seperti diketahui, pada 14 September 2021 lalu Polda Sumbar juga menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Dalam hal ini Polda Sumbar menerima penghargaan atas dedikasi dan kontribusi sebagai tim vaksinator dalam mendukung program pemerintah melakukan vaksinasi massal di wilayah Sumbar. Penghargaan tersebut ditandatangani oleh bapak Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah," kata Satake Bayu. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments