Kapolsek Sikakap Datangi Warga Dusun Aban Baga

Kapolsek Sikakap Datangi Warga Dusun Aban Baga

MENTAWAI, Pionir—Animo masyarakat Desa Sinaka yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) sebenarnya cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Namun lantaran desa yang memiliki luas 114.06 kilometer persegi dan terdiri dari 11 dusun ini terbilang jauh dari pusat pemerintahan kecamatan, hasrat untuk melakukan vaksinasi itu terpaksa dipendam oleh masyarakat Desa Sinaka tersebut.

Realita ini ternyata cepat “ditangkap” oleh Kapolsek Sikakap, Polres Kepulauan Mentawai AKP. Tirto Edhi, SH bersama Camat Pagai Selatan Andar Sabelau. Untuk itu pada hari Jumat pagi 19 November 2021 Polsek Sikakap melaksanakan kegiatan vaksin Covid-19 secara door to door.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, Camat Pagai Selatan Andar Sabelau, tenaga kesehatan Bulasat serta staf dan beberapa personel Polsek Sikakap.

Kata AKP Tirto Edhi yang dihubungi Pionir, Sabtu 20 November 2021, kegiatan vaksinasi door to door itu disambut baik oleh masyarakat Desa Sinaka yang terdiri dari 11 dusun, yakni: Dusun Boriai, Kosai Baru, Sinaka, Mangkaulu, Mangka Baga, Mabolak, Bubuget, Matobat, Aban Baga, Matotonan dan Dusun Kosai Bagat Selatan.

“Penyuntikan vaksin jenis Coronavac itu dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Bulasat dan untuk pendaftaran atau pencatatan peserta vaksinasi Covid-19 dibantu oleh Personil Sikakap. Kali ini vaksinasi kita prioritaskan untuk warga Dusun Aban Baga,” kata Tirto Edhi menjelaskan. 

Saat itu kata Tirto Edhi tercatat sebanyak 39 orang warga Dusun Aban Baga yang melakukan vaksinasi I dan 67 orang melaksanakan vaksinasi ke II.

“Vaksinasi ke dua ini diikuti oleh dua orang ASN, tujuh orang pelajar dan 97 orang masyarakat. Sebelum divaksin Tim Kesehatan Puskesmas Bulasat terlebih dahulu melakukan screening terhadap masyarakat yang akan divaksin,” ujar Tirto Edhi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments