Kapolres Pariaman Inisiasi Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Pasaman Barat

Kapolres Pariaman Inisiasi Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Pasaman Barat


Pariaman Kota, Pionir---Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 yang melanda Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/2/2022) pagi berdampak kerusakan ratusan bangunan dan rumah warga. Sebagian rata dengan tanah, sebagian lagi rusak berat, retak-retak dan tak layak ditempati.

Gempa juga mengakibatkan warga jadi korban luka-luka mulai dari ringan hingga berat karena tertimpa reruntuhan material bangunan, bahkan beberapanya meninggal dunia. Empat diantaranya korban meninggal di Kabupaten Pasaman Barat, sedangkan enam lainnya di Kabupaten Pasaman. 

Talamau di Kabupaten Pasaman Barat, dan Malampah di Kabupaten Pasaman merupakan dua kawasan terparah akibat dihantam gempa.

Saat ini sejumlah warga berada di tenda-tenda pengungsian di beberapa lokasi. Ada yang terlokalisir di tempat pengungsian, ada yang mendirikan tenda sendiri-sendiri di pekarangan rumah mereka. 

Musibah itu mengundang keprihatinan dari Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis, S.IK dengan menginisiasi Gerakan Kemanusiaan Peduli Gempa Pasaman Barat di lingkungan Polres Pariaman.

Bersama dengan Wakapolres serta PJU dan Ketua Cabang Bayangkari Pariaman, Kapolres  dan rombongan bergerak menyerahkan langsung bantuan kepada korban Gempa di Pasaman Barat, Sabtu (26/2/2022) siang.

Adapun bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Pasbar terdampak musibah gempa bumi  kali ini berupa Beras, Air Mineral, Indomie, Minyak Goreng, Gula dan Pakaian.

"Bantuan ini lahir dari gerakan kemanusiaan peduli Gempa Pasaman Barat. Semoga kiranya bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga korban gempa yang saat ini berada di pengungsian," kata AKBP Abdul Aziz.

Tak lupa AKBP Abdul Aziz mengimbau warga untuk tetap tawakkal dan sabar terhadap musibah yang terjadi. Di balik kesusahan, tentu akan ada kemudahan, karena semuanya yang berlaku datang dari sang pencipta. (UK1)

Post a Comment

0 Comments