Kapolres Pasaman Barat Tinjau Kegiatan Vaksinasi Anak, Guna Menaikkan Angka Capaian Vaksinasi

Kapolres Pasaman Barat Tinjau Kegiatan Vaksinasi Anak, Guna Menaikkan Angka Capaian Vaksinasi

Pasaman Barat, Pionir--Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada anak berusia 6-11 tahun telah berjalan sejak Kamis kemaren. Selama dua hari berjalan, pelaksanaan vaksinasi kepada anak dinilai masih berjalan lancar di Kabupaten Pasaman Barat.

Kapolres Pasaman Barat, AKP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M, hari ini meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Dasar Keluarga Kudus Mahakarya di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (05/02).

Secara umum kegiatan vaksinasi anak umur 6-11 tahun berjalan lancar. M. Aries mengakui, tingginya animo orangtua wali murid untuk mau menerima vaksin untuk anaknya. Hal ini disebabkan karena sebelum kegiatan vaksinasi dilakukan, Polres Pasaman Barat, bersama dengan Forkopimda dan unsur terkait terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada orang tua wali murid.

M. Aries menyebut, butuh peran aktif dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk tokoh-tokoh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi anak ini. "kita telah berkoordinasi dengan Forkopimda, termasuk dari Dinas Kesehatan dan DInas Pendidikan agar pelaksanaan vaksinasi bisa segera terselesaikan" ujar dia.

Ia mengatakan, Polri akan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. Itu dilakukan untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Indonesia. "Arahan Pak Kapolri memaksimalkan vaksinasi untuk anak karena persiapan PTM 100 persen," kata dia.

Kendati demikian, ia mengingatkan, masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap tetap selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, vaksin hanya sebatas meminimalisir fatalitas bahaya virus Corona serta viru turunannya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, total sasaran pelaksanaan vaksinasi dosis pertama kepada anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 44.322 oran yang harus diselesaikan samapi bulan Maret mendatang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi yang dibantu olek Tim nakes dari Puskesmas dilakukan di SD Keluarga Kudus hari ini, anak wajib didampingi orang tua atau wali. Sebab, dikhawatirkan ketika proses skrining ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh anak.

Dari hasil pantauan di lapangan, pada pelaksanaan vaksinasi, Polres Pasaman Barat menyediakan bingkisan yang akan diberikan kepada anak-anak yang sudah divaksin, ini merupakan salah satu upaya Polres Pasaman Barat untuk menarik minat para pelajar untuk mau divaksin.(HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments