Pasca Banjir Surut, Polsek Talamau Bahu Membahu Membersihkan Sampah

Pasca Banjir Surut, Polsek Talamau Bahu Membahu Membersihkan Sampah

Talamau, Pionir--Pasca surutnya banjir yang melanda Kecamatan Talamau akibat meluapnya air sungai Batang Tinggam pada hari Minggu 13 Februari 2022 jam 15.00 WIB yang merendam sekitar 40 rumah warga di Jorong Tinggam Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), pemandang tidak sedap pun mulai nampak di beberapa lokasi, karena dipenuhi sampah dan lumpur. Sejumlah barang warga yang ikut terbawa arus banjir juga berserakan di beberapa tempat.

Meski musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun banjir akibat curah hujan yang tinggi itu menyisakan PR bagi masyarakat setempat.

Ini diakui Kapolsek Talamau, Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Junaidi,SH pada Pionir, Jumat sore 18 Februari 2022.

Untuk mengatasi sampah dan lumpur yang menumpuk itu, kata Junaidi personel Polsek Talamau bersama Forkopinca dan masyarakat setempat melakukan goro bersama di Jorong Harapan, Nagari Persiapan Harapan, Tinggam pada hari Kamis 17 Februari 2022 sekitar jam 13.30 Wib.

“Selain membersihkan lingkungan di sekitar Jorong Harapan kita juga ikut membersikan saluran air sawah yang terkena dampak dari banjir beberapa hari lalu,” ujar Junaidi.

Intinya kata dia menambahkan, hari itu personel Polsek Talamau bersama Forkopinca dan masyarakat setempat berupaya membersihkan tumpukan sampah, baik sampah rumah tangga dari masyarakat sekitar, tumpukan sampah yang berasal dari sampah kiriman yang terbawa saat banjir terjadi. 

“Biasa lah, lazimnya setelah banjir surut, kantong-kantong plastik berisikan dan sampah tersebar di beberapa lokasi,” kata Junaidi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments