Bersama Tim Tracer Puskesmas Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Lakukan Tracing Contact Covid-19

Bersama Tim Tracer Puskesmas Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Lakukan Tracing Contact Covid-19

Pariaman Kota, Pionir--Senen 14 Maret 2022 Bhabinkamtibmas Nagari Koto Tinggi, Polsek Sungai Limau Bripka Defri Ade Maulana E bersama Bhabinsa, dan Wali Korong mendampingi Tim Tracer dari Puskesmas Sungai Limau melacak  atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Korong Guguak Kamumuan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Tracking contact ini merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang tengah terjadi, sekaligus untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita Covid-19, disamping itu juga untuk memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas, ujar Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani. SH saat di konfirmasikan Pionir saat melakukan Tracking pada salah seorang warga contak erat dengan pasien Covid-19 di Korong Guguak Kamumuan.

Umar Yani  mengatakan,  untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 itu perlu dilakukan identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut. 

Seperti yang dilakukan kepada N (45) warga Korong Guguak Kamumuan, pada saat itu juga N yang kontak erat dengan salah satu warga yang baru dinyatakan positif tersebut langsung di lakukan swab guna mengambil sampel untuk di periksa di laboratorium, katanya.

Setelah diambil swab nya kata Umar Yani di sarankan kepada N untuk isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar, langkah ini dilakukan untuk mengetahui penyebaran Virus  Covid -19 tidak menular ke warga lain, tuturnya.

“Jika mereka memiliki gejala terjangkit covid-19 maka diperlukan karantina diri baik dilakukan di rumah maupun di rumah sakit,” ucapnya

Selain melakukan tracing kita juga memberikan edukasi kepada warga, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah, pungkasnya ( Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments