Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022 Dipimpin Walikota Bukittinggi

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022 Dipimpin Walikota Bukittinggi

Bukittinggi, Pionir--  Dengan tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-"2022", Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443H/2022", secara serentak di seluruh jajaran Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi "Ketupat 2022".

Hari ini Jumat (22/4), Polres Bukittinggi melaksanakannya di halaman Polres Bukittinggi, dan sebagai Pimpina Apel adalah Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara S.H, S.I.K, M.H.

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara S.H, S.I.K, M.H,   membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi DRS. Listyo Sigit Parabowo, M.Si, dalam amanatnya Kapolri, peryaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telahenetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022. Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudiak tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Kebijakan Pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran.

Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan Positivity Rate dan Bor Rumah Sakit berada dibawah standar WHI, namun perlu tetap ditegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya talranmisi Covid-19 menjelang, pada saat, dan pasca perayaan Idul Fitri 1443H/Tahun 2022 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stake holder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443H/Tahun 2022. Kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan Vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022 mencapai 100 % untuk dosis 2, Booster 30 % dan Lansia 70 % disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelematkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19.

Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, dan Pemangku Kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi "Ketupat-2022" yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d 9 Mei 2022 di seluruh Indonesia baik Masjid, Tempat Wisata, Pusat Perbelanjaan, Terminal, Pelabuhan, Stasiun KA, dan Bandara.

Pada saat dan sesudah Idul Fitri 1443/Tahun 2022 harus dapat dilaksanakan dengan baik dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

*✓* Melakukan Himbauan dan Mengawasi kedisplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3M;

*✓* Mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peludi lindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. Jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai vaksin terdekat. Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut;

*✓* Melaksanakan penjagaan dan p ngamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di Masjid-masjid maupun di lapangan;

*✓* Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindungi dari bahaya penularan Covid-19;

*✓* Melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI, Pemerintah Daerah untuk melakukan isolasi mandiri, isolasi terpusat, atauu perawatan di Rumah Sakit rujukan sesuai dengan standar yang ada;

*✓* Melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di Posyan;

*✓* Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada Kab/Kita yang belum mencapai target;

*✓* Melakukan manajen rekayasa lalu lintas.

Jika langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik, saya yakin arus mudik maupun balik dapat berjalan lancar dan laju penyebaran Covid-19 dapat terkendali.

Oleh karena itu, Operasi "Ketupat-2022"*harus dilaksanakan Optimal. Perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan sekecil apapun harus kita dicegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan Kamtibmas maupun bahaya Covid-19.

Peserta apel gelar pasukan Polres Bukittinggi ini diikuti oleh Dandim 0304/Agam  Letkol. Arh Yosip Brozti Dadi, S.E, M.Tr (Han), Sekda Kota Bukittinggi Drs. Martias Wanto, M.M., PJU Polres Bukittinggi,para Kasat, Kapolsek sejajaran Polres Bukittinggi, Dansub Pom Bukittinggi Kapten Sudarwin, Kadishub Kota Bukittinggi, Kasatpol PP Kota Bukittinggi, pasukan apel yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Sat Pol PP, Damkar, dan Senkom. (Humas ResBkt)

Post a Comment

0 Comments