Pastikan Mudik Aman, Polres Bukittinggi Siapkan Pos Yan dan Pos Pam Lebaran 1443 Hijiriah

Pastikan Mudik Aman, Polres Bukittinggi Siapkan Pos Yan dan Pos Pam Lebaran 1443 Hijiriah

Bukittinggi, Pionir--Menghadapi Mudik Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) bersama Polsek jajaran mendirikan Pos Pelayanan (Pos Yan) dan Pos Pengamanan (Pos Pam), di wilayah hukumnya.

Kata Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Hj. Rita Suryanti. SH menjelaskan bahwa Pos pelayanan didirikan tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Sedangkan Pos Pengamanan sendiri dimaksudkan untuk mendekatkan petugas pada sasaran pengamanan.

“Pos ini dibuat dan digunakan selama Operasi Ketupat Singgalang 2022. Saat ini pos yang ada di depan Tugu Polwan Bukittinggi, Pos Pam Kawasan Jam Gadang, Pos Pam objek wisata Taman margasatwa Kinantan dan Pos pelayanan objek wisata panorama,” kata Rita Suryanti. 

Ia mengatakan Operasi Ketupat Singgalang adalah operasi terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Pada Pos Pelayanan, petugas memberikan pelayanan kesehatan, seperti vaksinasi dan lain sebagainya. Untuk di Pos Pengamanan sendiri petugas melakukan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas di lokasi rawan kriminalitas, Kamseltibcar lantas di lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan melakukan pelayanan vaksinasi,” terang Rita Suryanti. 

Untuk memastikan kesiapan pos Pam tersebut Kompol Rita Suryanti terjun langsung melakukan pengecekan kesiapan personel gabungan di masing-masing Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos pelayanan tersebut, Kamis 28 April 2022.

Menurutnya, mudik 2022 berbeda dibanding 2 tahun lalu. Dimana tahun ini dipastikan jumlah pemudik mengalami lonjakan karena ada pelonggaran.

“Untuk tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan mudik Lebaran, dan ini tentunya berdampak antusiasme pemudik cukup tinggi,” ujarnya

Dikatakanya keberadaan Pos Pam ini akan membantu pelayanan masyarakat yang hendak mudik ke daerah masing-masing, maupun pengamanan sejumlah objek wisata. Mengingat wilayah hukum Polsek Kota Bukittinggi memiliki sejumlah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya.

“Tahun ini banyak jumlah pemudik akan berimplikasi terhadap peningkatan arus lalu lintas. Tak hanya itu kaqasan objek wisata di Kota Bukittinggi  diprediksi juga akan mengalami lonjakan jumlah kunjungan,” terangnya.

Selain itu, Kompol Hj Rita Suryanti. SH juga mengingatkan kepada personel gabungan, untuk terus memberikan imbauan kepada pemudik secara humanis agar menerapkan protokol kesehatan.

"Kepada Personil gabungan yang bertugas, Saya minta dalam menjalankan tugas bersikap humanis. Jika pemudik belum melengkapi dosis vaksin, personel dapat mengarahkan untuk divaksin ditempat yang telah disediakan, serta mengingatkan untuk tetap mematuhi Prokes,” tukasnya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments