Kapolsek Pangkalan Hadiri Penyampaian Visi dan Misi Calon Walinagari

Kapolsek Pangkalan Hadiri Penyampaian Visi dan Misi Calon Walinagari

Pangkalan, Pionir--Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota siap menggelar Pemilihan Walinagari (Pilwanag) serentak pada 25 Mei 2022 ini. Seperti diketahui, kabupaten ini memiliki 79 nagari yang tersebar di 13 kecamatan. 

Menghadapi pilwana serentak yang diikuti calon walinagari sebanyak 298 orang itu Polres Lima Puluh Kota, Polda Sumatera Barat (Sumbar) bersama Polsek jajaran siap melakukan pengamanan bersama 1.544 anggota Satlinmas Nagari yang tersebar di 79 nagari.

Dari catatan yang diperoleh pionir, nagari terbanyak yang melakukan pemilihan walinafgari berada di Kecamatan Harau, dengan jumlah 11 nagari, kemudian Kecamatan Lareh Sago Halaban total 8 nagari.

Untuk Kecamatan Payakumbuh, Kapur IX dan Kecamatan Akabiluru, masing-masingnya terdapat 7 nagari. Kecamatan Suliki dan Kecamatan Pangkalan Koto Baru, masing-masingnya memiliki 6 nagari.

Selanjutnya, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Guguak, Mungka dan Kecamatan Bukik Barisan, masing-masingnya memiliki 5 nagari.

Sementara yang memiliki nagari paling sedikit adalah Kecamatan Luak yang memiliki 4 nagari, serta Kecamatan Gunuang Omeh hanya memiliki 3 nagari

Untuk mengamankan pilwana di Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang memiliki 6 nagari, Kapolsek Pangkalan, Polres Lima Puluh Kota AKP Amirwan SH telah pula menyiapkan personelnya guna memberikan pengamanan dalam perhelatan demokrasi tingkat nadari tersebut.

Sesuai agenda Pilwana, pembentukan Panitia Pemilihan dijadwalkan 14 sampai 25 Februari 2022, Pendaftaran Bakan Calon Wali Nagari 1 sampai 11 April 2022, Pengukuhan Calon Wali Nagari 4 sampai 12 Mei 2022, Kampanye Calon Wali Nagari 19 sampai 21 Mei 2022, serta hari tenang 22 sampai 24 Mei 2022, kemudian  pelaksanaan Pemilihan Wali serentak 25 Mei 2022.

Sesuai jadwal tersebut maka pada Jumat 20 Mei 2022 lalu Kapolsek Pangkalan AKP Amirwan menghadiri giat penyampaian visi dan misi calon Wali Nagari Gunung Malintang periode 2022 – 2028, yang dilaksanakan jam 14.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Juga hadir saat itu Plt Wali Nagari Gunung Malintang Eli Marlina. A. Md, Ketua Bamus Nagari Gunung Malintang beserta Anggota Bamus, Kepala Jorong se-Kenagarian Gunung Malintang, Perangkat Nagari Gunung Malintang, Ketua Pilwana Nagari Gunung Malintang beserta Anggota, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Nagari Gunung Malintang, para calon wali nagari serta personel Polsek Pangkalan. 

Pada kesempatan itu AKP Amirwan mengimbau para calon wali nagari agar berkompetisi secara sehat, serta saling menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan juga kepada para pendukung atau tim sukses dari masing-masing calon wali nagari, agar selalu menjaga kamtibmas supaya pemilihan ini berjalan sukses, aman dan lancar. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments