Kapolsek Talamau Turung Langsung Memonitor Hewan Ternak

Kapolsek Talamau Turung Langsung Memonitor Hewan Ternak

Talamau, Pionir--Kapolsek Talamau, Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Junaidi SH bersama Kanit Reskrim, Bhabinkamtibmas Nagari Sinuruik Aipda S. Siregar, SH dan petugas Dinas Peternakan melakukan peninjauan di sejumlah pemilik hewan ternak di wilayah Talao Jorong Kemakmuran, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, pada Senin 30 Mei 2022.

Kata Kapolsek Talamau AKP Junaidi, ini dilakukan untuk memastikan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak tidak menyebar di wilayah hukumnya.

“Kegiatan ini sebagai langkah pencegahan dan memastikan agar PMK tidak masuk wilayah hukum Polsek Talamau,” terang Junaidi.

Ia pun memastikan bahwa dinas terkait akan melakukan antisipasi karena wabah ini merupakan resiko kurangnya daya tahan. 

“Kita memastikan peternak telah dilakukan sosialisasi pencegahan wabah PMK dengan tidak sembarangan menginpor hewan ternak dari luar wilayah yang terjangkit wabah PMK guna mengantisipasi penyebarannya,” ujar Junaidi.

Kata Junaidi, saat itu ia bersama tim melakukan monitoring dan melakukan koordinasi dengan pemilik ternak bernama Sikecil (60 tahun), yang memiliki ternak sapi sebanyak lima ekor, di Air Hangat Jorong Kemakmuran, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau.

"Dari peternak tersebut kita mendapat informasi bahwa hewan ternaknya belum ditemukan penyakit sejenis penyakit mulut dan kuku dan hewan ternaknya dalam keadaan sehat. Menurut keterangan dari pemilik ternak, Pegawai Dinas Peternakan Kabupaten Pasaman Barat selalu datang untuk mencek kesehatan ternak dan mengimbau kepada peternak apabila ada kelainan pada hewan ternak segera melaporkan ke pegawai dinas peternakan atau Mantri Hewan setempat,” terang Junaidi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments