Polres Pariaman Awasi Objek Wisata Pantai

iklan adsense

Polres Pariaman Awasi Objek Wisata Pantai

Pariaman Kota, Pionir—Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang jatuh pada Senin 2 Mei 2022, benar-benar membawa berkah bagi masyarakat dan objek wisata di Kota Pariaman.

Betapa tidak, setelah dua kali Idul Fitri masyarakat tidak bisa liburan dan berlebaran karena pandemi Covid-19 merebak, tahun ini pemerintah mulai memberikan kesempatan untuk berlebaran dan menikmati liburan pada masyarakat. Tak pelak kesempatan itu pun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menikmati liburan di berbagai objek wisata yang ada di Kota Pariaman.

Bahkan sebegitu antusiasnya masyarakat untuk liburan, sejak lebaran kedua, Selasa 3 Mai 2022 hingga hari ini Kamis 5 Maret 2022 objek wisata pantai mulai diserbu wisatawan dari berbagai daerah. Seperti biasanya objek wisata Pantai di Kota Pariaman  selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan saat libur lebaran.

Pantauan Pionir, kendaraan berplat dari luar daerah mendominasi kunjungan objek wisata pantai tersebut. Selain itu, fenomena kendaraan pick up dan truck  yang membawa wisatawan ke pantai mulai ramai memadati pelantaran parkir di kawasan pantai.

Kapolres Pariaman AKBP Abd Aziz melalui Kapolsek Kota Pariaman AKP  Edi Karan Prianto. SH, MH saat di hubungi Pionir Kamis sore mengatakan, kunjungan objek wisata pantai Gandoriah, pantai Kata dan pantai Cermin mulai terlihat ramai sejak pukul 07.00 pagi.

"Sejak Selasa pagi pukul 7 objek wisata pantai kebangaan urang Piaman tersebut mulai ramai oleh kendaraan mini bus dan mobil pribadi,” ucap Edikaran.

Menurutnya  wisatawan banyak menyerbu objek wisata Pulau Angso Duo. Menuju pulau ini para wisatawan harus menyeberang menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh berkisar sepuluh menit dari pantai Gandoriah.

Untuk keselamatan penumpang, petugas/kepolisian selalu melakukan pengecekan terhadap perahu motor yang mengantarkan para wisatawan menuju pulau angso duo tersebut.

Kata Edi Karan, penecekan dan pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan arahan Menkopolhukam, Kapolri dan Panglima TNI kepada daerah yang memakai jalur perairan, dimana stockholdernya lebih meningkatkan pengawasan terhadap jasa transportasi.

Karena itulah Kapolres Pariaman AKBP Abd Azis. SIK pada hari Senen 3 Mai 2022 kemaren, didampingi Kapolsek Kota Pariaman AKP Edikaran Prianto melakukan pengecekkan langsung ke dermaga keberangkatan penumpang wisata ke Pulau Angso Duo di Pantai Gandoriah.

Kata Edi Karan, kedatangan Kapolres ke dermaga tersebut untuk memastikan situasi dan kondisi perjalan ke pulau tersebut aman dan lancar, mulai dari keadaan perahu motor, dermaga pendaratan dan fasilitas lainnya yang ada di pulau tersebut.

Saat itu kata Edikaran, Kapolres melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kelengkapan perahu motor, seperti Life Jacket (Rompi Penolong), Life Bouy (Pelampung PPenolon), Survivar and Immer Suite (Pakaian Cebur), dan alat-alat penyelamat lainnya.

Selain itu, juga memberikan imbauan kepada kru perahu motor agar pada saat berlayar menyampaikan kepada penumpang terkait apa-apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan, seruan tersebut wajib dilakukan oleh kru perahu motor setiap melakukan pelayaran.

"Kita tidak ingin kejadian dua tahun yang lalu terulang, untuk itu kita menekankan kepada operator dan kru perahu motor agar alat keselamatan yang disediakan harus cukup dengan jumlah penumpang. Dan kapasitas angkut tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan,” pungkasnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments