Harga Cabe Merah dan Bawang Merah Melambung Tinggi, Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Blusukan ke Pasar Basuang

Harga Cabe Merah dan Bawang Merah Melambung Tinggi, Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Blusukan ke Pasar Basuang 

Pariaman Kota, Pionir - Melambung tingginya harga akhir-akhir ini menarik perhatian dari Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Polres Pariaman untuk blusukan ke pasar, karena akan berdampak pada kamtibmas.

Beberapa harga kebutuhan pokok yang ikut mengalami peningkatan itu, diantaranya Cabai Merah dan Bawang Merah.

Sekaitan itu Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Bripka Nur Afdal melakukan kunjungan secara door to door system (DDS) dengan para pedagang di Pasar Basuang Korong Bungo Tanjuang, Jum'at (10/6/2022) pagi.

Dari hasil DDS dengan pedagang itu diketahui, terkait meningkatnya harga Cabai Merah kisaran Rp80 ribu per kilogram dan Bawang Merah di kisaran Rp45 ribu per kilogram karena diambil pedagang Pasar Basuang dari Petani Padang Panjang.

Kondisi itu membuat bhabin menyarankan kepada pedagang Pasar Basuang, untuk mengambil Cabai pada petani lokal yang harganya jatuh di kisaran Rp.55 ribu per kilogram.

"Jarak dan tempat telah membuat harga bertambah, tentu alangkah lebih baik memberdayakan petani lokal karena harganya hanya jatuh di kisaran Rp.55 ribu per kilogram," saran bhabin pada para pedagang.

Di sisi lain, Bhabin juga menyarakan kepada warga di Nagari Sikucur induk untuk memanfaatkan lagi lahan sempit dan pekarangan sekitar rumah dengan bertanam Cabai sistim tompang sari, hidroponik, aquaponik. 

"Ini sebagai antisipasi bagi warga di saat harga kebutuhan harian terus melonjak," tutur Bhabin pada pengunjung pasar. (UK1)

Post a Comment

0 Comments