Kapolsek Pasaman Antisipasi Masuknya Kelompok Khilafatul Muslimin

Kapolsek Pasaman Antisipasi Masuknya Kelompok Khilafatul Muslimin

Pasaman Barat, Pionir—Seperti diketahu Polda Sumatera Barat (Sumbar) telah melacak adanya pengikut Khilafatul Muslimin di wilayah hukumnya. Kemunculan organisasi ini membuat masyarakat resah dengan kegiatan yang dilakukan. 

Seperti diketahui Khilafatul Muslimin ini adalah sebuah organisasi keagamaan Indonesia yang mengusung ideologi khilafah. Organisasi tersebut didirikan oleh Abdul Qadir Baraja pada 1997 dan berpusat di Lampung. 

Organisasi ini mempunyai struktur paling tinggi yaitu Khalifah Pusat. Sementara itu, di bawah Khalifah pusat terdapat Daulah, Ummul Quro hingga paling rendah kemasulan. Kagetnya, organisasi Khilafatul Muslimin terdaftar di Kemenkumham sebagai yayasan. 

Organisasi ini disorot karena konon kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan negatif dan tidak terpisahkan dari provokasi kebencian, hoax, dan menjelekkan pemerintah negara Indonesia saat ini. 

Bukan hanya itu saja, kemunculan organisasi ini disebut-sebut juga ingin mengganti ideologi negara dengan khilafah dan di iming-imingkan mampu mensejahterakan umat dan memakmurkan bumi. 

Lantaran bertentangan dengan ideologi Pancasila serta bisa memecah-belah bangsa Indonesia,  maka untuk mencegah Khilafatul Muslimin masuk ke wilayah hukum Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar), Kapolres AKBP M. Aries Purwanto, SIK, MM telah memerintahkan semua Kapolsek meningkatkan kewaspadaan.

Instruksi Kapolres itu pun ditindaklanjuti oleh Kapolsek Pasaman AKP Rosminarti.SH melakukan silaturahmi dengan tokoh agama Ustad P Nasution, terkait keberadaan kelompok Kilafatul Muslimin di wilayah hukum Polsek Pasaman, pada Sabtu 18 Juni 2022.

Saat berdialog dengan AKP Rosminarti, mantan Ketua MUI Pasaman Barat ini mengatakan,  selama dirinya melaksanakan siar agama di kabupaten itu belum pernah mendengar adanya kelompok yang menamakankan Kilafatul Muslimin.

Kata Rosminarti, saat itu Ustad P Nasution mengatakan, seandainya ada terdengar kelompok kelompok yang beraliran menentang pemerintah yang sah, beliau berjanji akan segera melaporkan ke pihak Kepolisian Polsek Pasaman, guna mencegah terjadinya kegaduhan atau gangguan Kamtibmas di Pasaman Barat. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments