Polres Pariaman Gencarkan Gerakan Bertani

Polres Pariaman Gencarkan Gerakan Bertani

Sungai Geringging, Pionir—Kapolres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Abd. Aziz bersama Waka Polres Kompol Jon Hendri SH, yang sukses mengembangkan lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif, mengimbau masyarakat di wikayah hukumnya untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan melakukan penanaman sayur termasuk cabai di pekarangan rumah. 

Dengan begitu, Kapolres dan Waka Polres meyakini, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga, ke depannya tanaman tersebut diharapkan mampu menjadi sumber pendapatan.   

Bahkan, kata Kapolres, hingga kini Kementrian Pertanian (Kementan) fokus mendorong rumah tangga untuk menanam cabai. Sebab, komoditas hortikultura tersebut menjadi penyumbang inflasi. Dengan melakukan penanaman di pekarangan, rumah tangga akan mampu memenuhi kebutuhannya dan dibagikan kepada tetangga atau dijual jika produksi berlimpah. 

Menindaklanjuti imbauan Kapolres dan Wakapolres tersebut Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Iptu Bambang Adrian SH memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk mengkampanyekan gerakan bertani pada masyarakat di daerah binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Aipda Novri Andri, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Sirah, Sungai Geringging di Korong Kubu Alahan Kuranji, pada Sabtu 11 Juni 2022,

Kata Iptu Bambang Adrian, saat itu Aipda Novri Andri mengimbau warga adar melakukan gerakan penanaman sayur maupun tanaman obat. Jadi, program ini memiliki aspek ekonomi, sosial dan kesehatan.

"Petani itu keren, menjadi petani merupakan kebanggaan! Jangan lagi berpikir bahwa petani di Indonesia itu konvensional, petani saat ini harus cerdas,mandiri,  berorientasi maju dan modern. Petani saat ini harus mampu menjawab tantangan di era digitalisasi global," kata Bambang Adrian  mengulang imbauan yang disampaikan Aipda Novri Andri pada warga binaannya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments