Polsek Talamau Lakukan Pembersiahan Material Longsor

iklan adsense

Polsek Talamau Lakukan Pembersiahan Material Longsor

Talamau, Pionir—Akibat curah hujan yang tinggi yang melanda Kabupaten Pasaman Barat pada Selasa 21 Juni 2022, jam 19.30 WIB, telah terjadi longsor di beberapa lokasi di Kecamatan Talamau.

Kata Kapolsek Talamau, Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar), AKP Junaidi yang dihubungi Pionir, akibatnya hingga Rabu pagi 22 Juni, akses transportasi dari Kajai menuju Talu Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat masih terputus.

"Sampai pagi ini akses jalan masih terputus dan pembersihan material longsor baru dimulai pagi ini. Pembersihan material longsor dilakukan menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pasaman Barat,” kata Junaidi.

Dikatakannya, akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa 21 Juni mengakibatkan terjadinya longsor sekitar jam 19.30 WIB di empat titik, yakni di Polongan Enam Jorong Merdeka Nagari Talu dua titik, di daerah Pasanggiangan Jorong Partomuan Nagari Talu satu titik dan di Kelok Kaco satu titik longsor.

"Akibat longsor itu, satu orang warga Tabek Sirah Nagari Talu Kecamatan Talamau Yulisman (55) meninggal dunia tertimbun material longsor di daerah Polongan Enam. Korban ditemukan jam 05.00 WIB dalam kondisi tertimbun material longsor tanah dan keadaan meninggal. Korban sudah kita evakuasi," kata Junaidi. 

Junaidi menambahkan, di titik lokasi longsor Polong Enam itu juga ditemukan satu unit kendaraan roda dua dengan plat Nomor Polisi BA 6857 SC yang terjebak dan tertimpa material longsor. Kemudian satu unit mini bus dengan plat Nomor Polisi BA 1087 DO terkena material longsor sedang dan satu unit mini bus terjebak dua titik longsor.

Selain itu kata dia menambahkan, juga ada mobil ambulan RSUD Jambak yang tengah membawa jenazah juga terjebak di titik longsor Pasanggiang.

"Jenazah yang dibawa dengan menggunakan ambulan RSUD sudah berhasil dievakuasi secara bersama-sama pada jam 23.30 WIB, selanjutnya dibawa menggunakan ambulan milik Puskesmas Talu menuju rumah duka," kata Junaidi.

Sementara itu kata Junaidi lagi, di lokasi Polongan Enam satu unit roda dua tertimbun longsor dan sekitar 20 unit roda dua sempat tidak dapat melintasi karena terjebak longsor.

“Alhamdulillah pada pukul 23.30 WIB kendaraan roda dua beserta orangnya yang terjebak longsor sudah dapat di evakuasi keluar dari lokasi.

Junaidi mengatakan, sampai saat ini jajaran Polsek Talamau masih berada di lokasi longsor untuk melakukan pengaturan jalan dalam rangka memberikan rasa aman, serta membantu mengevakuasi beberapa masyarakat pengguna jalan. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments