Tingkatkan Kepekaan Anggota, Polres Pariaman Gelar Pelatihan Teknis Fungsi Intelkam

Tingkatkan Kepekaan Anggota, Polres Pariaman Gelar Pelatihan Teknis Fungsi Intelkam 

Sungai Geringging, Pionir--Satuan Intelkam Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar),  gelar pelatihan teknis fungsi intelkam di jajaran Polres Pariaman, di Aula Mapolres setempat, pada Rabu 8 Juni 2022.

Dalam pelatihan yang digelar tersebut melibatkan seluruh fungsi dan satuan yang ada di Polres Pariaman.

Kata Kapolres Pariaman AKBP Abd. Aziz SIK, kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan intelijen yang handal melalui upaya pendidikan dan pelatihan serta proses pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan diri demi terwujudnya SDM intelijen Polri yang handal.

“Pelatihan teknis intelkam ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan intelijen keamanan pada masing-masing personil. Intelijen memiliki fokus pada tindakan early detection (pengecahan dini) dalam mengecah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum. Fungsinya untuk menghilangkan potensi gangguan, jika kondisinya "chous" melalui pencegahan dini bisa kita redam agar lebih kondusif," ujar Abd. Aziz.

Untuk menambah SDM personelnya, Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman Iptu Bambang Adrian.SH memerintahkan Aiptu M.Yaidil Anwar,Ps Kanit Intekam, Bripka Zulfahmi, Bhabinkamtibmas Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu dan Brigadir Irdiwan, Bhabinkamtibmas Nagari Malai III Koto untuk mengikuti pelatihan teknis fungsi intelkam tersebut.

Kata Bambang Adrian, kegiatan itu penting diikuti Aiptu M.Yaidil Anwar selaku Ps Kanit Intekam Polsek Sungai Geringging, karena intelejen merupakan salah satu bagian yang menjadi ujung tombak dalam institusi kepolisian. Satuan ini diharapkan dapat mengatasi potensi gangguan kamtibmas yang cenderung meningkat dan semakin komplek. 

Dengan demikian Bambang Adrian juga mengharapkan, dalam melaksanaan tugasnya Unit Intekam Polsek Sungai Geringging dapat meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan. 

"Karena Intelkam menjadi mata dan telinga Polri, tentu  personil harus meningkatkan kepekaan, jika terdapat situasi yang berbeda dengan semestinya, berarti ada masalah, itulah yang harus diwaspada secara dini. Semoga dengan pelatihan ini, personil lebih peka dan lebih profesional dalam menjalankan fungsi ini," ujar Bambang Adrian. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments