Cegah PMK, Polsek Sungai Limau Laksanakan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak

Cegah PMK, Polsek Sungai Limau Laksanakan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak 

Sungai Limau, Pionir—Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan pendampingan vaksinasi hewan ternak sapi di wilayah hukum Polsek Sungai Limau, pada Selasa pagi 26 Juli 2022.

Kata Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani, vaksinasi hewan ternak sapi itu dilaksanakan di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, yaitu di Korong Pasir Baru dan Korong Sungai Sirah.

"Kegiatan ini dalam rangka Operasi Aman Nusa tahun 2022 yang dilaksanakan jajaran Polres Pariaman dan Dinas Peternakan Kabupaten Padang Pariaman. Sasaran vaksin merupakan hewan ternak jenis sapi dengan kondisi sehat,” ujar Iptu Umar Yani yang dihubungi Pionir, Rabu 27 Juli 2022.

Umar Yani menambahkan, vaksin menggunakan merk Aftopor dari Prancis dengan dosis masing masing untuk sapi dewasa 2 ml dan anak sapi 1 ml. Sedangkan untuk pelaksanaan vaksin dengan systim door to door kekandang milik warga.

“Ini dilakukan untuk menambah Imun ternak dalam mengantisipasi virus PMK. Pada saat itu tercatat sebanyak 17 ekor sapi  milik warga yang divaksinasi,” kata Umar Yani

Dikatakan, setiap pemilik sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK untuk dientry data system dinas dan sapi yang sudah divaksin diberikan tanda berupa cat warna biru dengan coretan nomer urut vaksin.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri SH, KBO Samapta Iptu Candra Fical beserta anggota, Kapolsek Iptu Umar Yani, staf Dinas Peternakan Hewan, Amrizal S.Pt yang berjumlah 5 orang, Wali Nagari Pilubang Asrul S.P.d M.Si dan empat orang mahasiswa KKN Unand.  (Firman Sikambang)

Post a Comment

0 Comments