Polsek Ranah Batahan Monitor Perkembangan PMK

Polsek Ranah Batahan Monitor Perkembangan PMK  

Pasaman Barat, Pionir - Polsek Ranah Batahan Polres Pasaman Barat melaksanakan kegiatan monitor perkembangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Wilayah Hukumnya, Senin (18/7/2022).

Monitoring dipimpin Kanit Binmas  Aipda Darwis dan didampingi Bhabinkamtibmas Nagari  Batahan Bripka Sulaiman Lubis.

Pelaksanaan kegiatan monitor perkembangan PMK itu berlangsung di Jorong Kampung Mesjid Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Kapolsek Ranah Batahan Iptu M Mulyadi, S.Sos mengatakan, dari hasil pemantauan PMK pada hewan ternak belum ditemukan penyakit hewan sejenis PMK, dan hewan ternak diketahui dalam keadaan sehat.

Dijelaskan, kegiatan yang dilaksanakan itu berupa Monitor, Silaturahmi, Himbauan, Pemeriksaaan Kesehatan dan Koordinasi dengan pemilik ternak.

"Selama kegiatan berlangsung di Jorong Kampung Mesjid Nagari Batahan dan hasil koordinasi dengan pemilik ternak Sapi, Asman (55) bahwa sampai saat ini didapat Informasi dan pemantauan pada hewan ternaknya belum ditemukan penyakit hewan sejenis PMK, dan hewan ternak sebanyak dua ekor sapi dalam keadaan sehat," ujarnya.

Kapolsek juga menuturkan, berdasarkan keterangan dari pemilik hewan ternak Sapi bahwa pegawai Dinas Peternakan Pasaman Barat selalu datang untuk mencek kesehatan ternak.

Petugas juga menghimbau kepada peternak, apabila ada kelainan pada hewan ternak segera melaporkan ke pegawai dinas peternakan atau mantri hewan setempat

 "Apabila ditemukan penyakit hewan ternak, peternak bersedia berkordinasi dengan dokter hewan serta Polsek Ranah Batahan untuk tindakan lebih lanjut," tuturnya.

Hingga berakhirnya kegiatan tersebut, situasi dalam keadaan aman dan Kondusif. (UK1)

Post a Comment

0 Comments