Pantau Harga Sembako, Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Tuleh Lakukan Sidak

iklan adsense

Pantau Harga Sembako, Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Tuleh Lakukan Sidak

Gunung Tuleh, Pionir-- Biasanya menjelang datangnya bulan Ramadhan sampai lebaran Idul Fitri kerap terjadi kenaikan harga pangan/harga kebutuhan pokok. Hal ini disebabkan melonjaknya permintaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri, serta minimnya pasokan dari petani, seperti cabai, telur, ayam, daging, hingga minyak goreng.

Terkadang moment Ramadhan dan lebaran Idul Fitri ini banyak dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang nakal untuk menimbun barang, dengan harapan dapat meraup ke untungan yang lebih besar, tanpa memikirkan kehidupan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal itu Bhabinkamtibmas Nagari Rabi Jonggor Bripka Parlindungan bersama Camat Gunung Tuleh M.Gor,S.Pd, Pj Wali Nagari Rabi Jonggor, Bamus Nagari Rabi Jonggor dan Kepala Jorong Paraman Ampalu melakukan inspeksi mendadak ke Pasar tradisional Paraman Ampalu Nagari Rabi Jonggor Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu 29 Maret 2023, pukul 10.00 Wib

Kata Bripka Parlindungan pada Pionir,
saat itu ia bersama Bapak camat Gunung Tuleh, Pj Wali Nagari Rabi Jonggor, Bamus Nagari Rabi Jonggor dan Kepala Jorong Paraman Ampalu meninjau langsung harga kebutuhan pokok tersebut dengan cara menyambangi satu-persatu pedagang di pasar tradisional tersebut. 

Ini kami lakukan sebagai antisipasi terjadinya kegiatan yang mengakibatkan tidak stabilnya harga sembako yang dilakukan oleh oknum tertentu/spekulan, katanya.

"Hari itu kami melakukan interaksi dengan para pedagang untuk mengetahui secara pasti fluktuasi harga pangan khususnya kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging dan lain-lain," ujarnya

Sampai saat ini belum ditemukan pelanggaran terkait dugaan penimbunan kebutuhan pokok, begitu juga dengan ketersediaan minyak goreng, namun kami dari pihak Kepolisian akan terus melakukan sidak dan pemantauan agar kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng dapat diantisipasi, ujarnya.

Dikatakannya, saat dilakukan pemantauan harga kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging masih normal, tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Ia mengimbau agar tidak ada pelaku usaha yang menimbun sembako atau kebutuhan pokok masyarakat, tuturnya.

"Kami akan terus memantau perkembangan di lapangan. Ia pun berjanji tak segan-segan menindak tegas para spekulan, ujarnya (e'ef)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments