Bhabinkamtibmas Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat Pantau Situasi Kamtibmas Di Pasar Tradisional Sasak Ranah Pasisie

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat Pantau Situasi Kamtibmas Di Pasar Tradisional Sasak Ranah Pasisie

Pasaman Barat, Pionir-- Menciptakan situasi Kamtibmas aman Kondusif saat kegiatan pasar tradisional Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat berlangsung, seperti terlihat rutin dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Nagari Sasak Polsek Pasaman Aipda Eko Hendria dan Kapospol Sasak Polsek Pasaman Aipda Nelfides berkeliling kedalam pasar memantau keadaan pasar tardisional yang tengah ramai pengunjung dan para pedagang, guna terciptanya situasi aman dan kondusif, Sabtu (20/05/2023).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kapolsek Pasaman AKP Defrizal mengatakan, kedua petugas melakukan tatap muka dan berdialog dengan para pedagang dan pengunjung dipasar tersebut. Petugas memberikan imbauan serta pesan-pesan Kamtibmas antara lain tentang antisipasi tindak kejahatan terutama 3C (pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor). Selain itu perlu diwaspadai pula adanya peredaran uang palsu yang bisa merugikan para pedagang.

Hal serupa juga dilakukan petugas ketika berada di area parkir pasar, kepada para pengunjung diimbau untuk memperhatikan keamanan kendaraannya, seperti mengunci stang serta helm bisa disimpan dibagasi motor jangan parkir motor ditempat yang sepi karena bisa memancing pelaku aksi pencurian kendaraan bermotor.

AKP Defrizal menambahkan, bahwa tujuan dari patroli Bhabinkamtibmas dan Kapospol Sasak di pasar tradisional ini adalah untuk meminimalisir tindak kejahatan seperti copet dan jambret. Selain itu, petugas juga menyampaikan himbauan kepada pengunjung pasar untuk waspada terhadap peredaran uang palsu.

"Patroli rutin ini digelar sebagai salah satu upaya pencegahan tindak kejahatan. Patroli ke pasar tradisonal bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang maupun kepada pengunjung pasar tradisional Sasak, selain itu kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan setiap minggu oleh jajajaran Polres Pasaman Barat yang meminta kepada pihak Kepolisian untuk meningkatkan patroli di pasar dalam mengantisipasi kemacetan di pasar tradisional Sasak Ranah Pasisie," jelas Defrizal.

Lebih lanjut Kapolsek menyampaikan, bahwa di tempat keramaian inilah rawan terjadinya kejahatan dan pada momen itulah kehadiran petugas Kepolisian dibutuhkan. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments