"Ngumpul Bareng", Kapolsek Linggo Sari Baganti Tampung Keluhan Warga

iklan adsense

"Ngumpul Bareng", Kapolsek Linggo Sari Baganti Tampung Keluhan Warga

Linggo Sari Baganti, Pionir-- "Duduak basamo ba iyo-iyo" kebiasaan inilah yang sering dilakukan oleh Kapolsek Linggo Sari Baganti, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Hendra. SH.MH dalam memecahkan suatu permasalahan atau menghadapi tantangan kamtibmas ke depan/menghadapi dinamika kehidupan di tengah masyarakat di wilayah hukumnya.

Selaku Kapolsek, Iptu Hendra. SH.MH bukanlah tipe pemimpin yang suka berdiam diri di kantor, bahkan dalam kesehariannya ia sering kita jumpai di tengah masyarakat. 

Buktinya pada Jumat 19 Mei 2023 kemaren, tampak Iptu Hendra bersama Kanit Binmas Aiptu Syahrial duduk bersama dengan warga masyarakat di Kampung Sungai Sirah Mudik Nagari Sungai Sirah Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti. 

Pada saat itu Iptu Hendra bersama Kanit Binmas Aiptu Syahrial lagi mendengarkan keluhan, kritikan dan saran tarkait kamtibmas, serta menyerap informasi secara langsung dari masyarakat, ungkap Iptu Hendra pada Pionir, Minggu 20 Mai 2023.

Ia mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam bentuk  “Jumat Curhat” ini merupakan program Quick Wins yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mendengar langsung permasalahan atau keluhan yang dirasakan masyarakat.

Selain menampung curhatan masyarakat, ujarnya, Jumat Curhat juga bisa dijadikan wadah berdiskusi terkait masalah warga secara pribadi maupun umum yang belum terpecahkan atau butuh penyelesaian.

"Dalam Jumat Curhat itu, banyak warga yang memberikan pertanyaan dan masukan tentang situasi kamtibmas. Harapannya, kegiatan ini dapat mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat serta meningkatkan hubungan silaturahmi antara Polri dengan masyarakat," katanya.

Dikatakan, untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas itu, tidak terlepas dari peran serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung terciptanya keamanan lingkungan.

"Bukankah itu sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 30 amandemen ke-4," katanya.

Lanjut Iptu Hendra mengatakan, peranan masyarakat, memiliki peranan penting dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. "Kita mengajak masyarakat dan para tokoh adat, dan tokoh agama serta pemuda agar ikut berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas, sehingga terwujud kondusifitas kamtibmas yang aman dan nyaman di wilayah hukum Polsek Linggo Sari Baganti," tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments