LESTARIKAN EKOSISTEM

iklan adsense
LESTARIKAN EKOSISTEM
Kapal Polisi Puyuh - 5014 Tanam Rumpon di Laut



PADANG, Pionir—Fakta membuktikan pulau Mentawai khususnya Perairan Tuapejat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sangat besar potensi perikanannya.

Untuk itu Ditpolair Korpolairud Baharkam berupaya untuk menjaganya. Mamanfaatkan Kapal Polisi Puyuh - 5014 yang tengah bertugas Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polda Sumatera Barat bersama beberapa instansi maritim dan masyarakat Pesisir Pantai Kepulauan Mentawai

Ditpolair Korpolairud Baharkam melakukan penanaman Rumpon sebagai habitat tumbuhnya terumbu karang dan sarang ikan di dua titik, yaitu Pantai Jati KM 0 Tuapeijat, Minggu 2 Februari 2020.

Kegiatan tanam rumpon itu juga melibatkan beberapa personel gabungan dari Polresta Padang dan Polres Mentawai. Tidak ketinggalan para penyelam dari masyarakat pecinta alam Mentawai dan dari dinas terkait.
  
Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. didampingi oleh Pejabat Utama Polda, Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol. Sulistijono, S.IK., M.H. beserta jajarannya.


 Ini diakui Komandan Kapal Polisi Puyuh – 5014, AKP. FAP. Silalahi, SST., M.M. Kepada Pionir, Senin sore 3 ia mengatakan, selain melaksanakan kegiatan patroli rutin dalam rangka mewujudkan Harkamtibmas dan penegakan hukum di wilayah perairan, pihaknya juga mempunyai kewajiban untuk mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan khususnya melestarikan alam laut Indonesia.

"Sambil melaksanakan patroli laut, kita juga melakukan penanaman Rumpon terumbu karang yang merupakan tempat atau sarang ikan dimana ikan akan berkumpul di sarang yang sudah kita tanam dan berkembang biak di situ.


Masyarakat kita harapkan bisa menjaganya dan memanfaatkan lokasi tersebut untuk nantinya mereka bisa mencari ikan karena tempatnya sudah tersedia," kata AKP. FAP. Silalahi. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments