BIDOKKES POLDA SUMBAR GELAR DONOR DARAH

iklan adsense
Bidokkes Polda Sumbar Gelar Donor Darah

PADANG, Pionir—Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) membantu PMI daerah setempat untuk menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat di daerah itu yang mulai berkurang akibat virus Covid-19. 

Untuk itu Bidang Dokter dan Kesehatan (Bidokkes) dan Biro SDM Polda Sumbar bersama PMI Kota Padang, pada Kamis 9 April 2020 menggelar donor darah dalam rangka mengantisipasi meluasnya virus corona Covid-19, untuk menyelamatkan pasien-pasien yang membutuhkan darah. 

Menurut Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Sumbar Kombes Pol dr Sucipto, kegiatan itu dilaksanakan jam 08.00 WIB sampai 14.30 WIB, di Gedung Jendral Hoegeng Lantai IV Polda Sumbar. 

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bakti kesehatan yang merupakan tindaklanjut nota kesepahaman antara Mabes Polri dengan Ketua PMI Jusuf Kalla. “Dalam hal ini, Polda Sumbar berusaha membantu ketersediaan darah di PMI terutama pada saat wabah Covid-19 membuat jumlah ketersediaan darah berkurang karena pendonor yang menjalani pembatasan sosial,” kata dr Sucipto. 

Dikatakannya kerjasama Polda Sumbar dengan PMI ini untuk membantu PMI untuk menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. 

dr Sucipto mengatakan, dalam pelaksanaan donor darah dilaksanakan sesuai dengan aturan pembatasan sosial yakni pendonor wajib menggunakan masker, membuat jarak sekitar 1,5 meter antara setiap pendonor dan lainnya. 

“Kita harus perhatikan hal ini agar jangan ada yang menyebarkan virus dan sebelum memasuki Mapolda, pendonor harus melewati pemeriksaan suhu tubuh dan bilik disinfektan,” katanya. 

Ia mengatakan kegiatan donor darah ini juga diikuti sejumlah Pejabat Utama Mapolda Sumbar seperti Karo Rena, Dirsamapta, Kabid Propam dan lainnya. 

Menurut dr Sucipto saat itu jumlah peserta donor yang mendaftar 110 orang, namun yang memenuhi persyaratan hanya 83 orang, yang terdiri dari golongan darah A 26 orang, golongan darah B 23 orang, golongan darah O 30 orang dan golongan darah AB sebanyak 4 orang. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments